Manfaat Vitamin E yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Nita Anggraini


Manfaat Vitamin E yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Vitamin E adalah nutrisi penting yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat vitamin E yang terkenal adalah menjaga kesehatan kulit, seperti melembapkan, melindungi dari sinar matahari, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, vitamin E juga memiliki berbagai manfaat lain bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu menjaga kesehatan mata, dan menurunkan risiko kanker tertentu. Salah satu manfaat vitamin E yang signifikan adalah perannya dalam kesehatan kulit. Vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi dari paparan sinar matahari, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan bintik hitam.

Di artikel ini, kita akan membahas secara mendalam berbagai manfaat vitamin E bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu menjaga kesehatan mata, hingga menurunkan risiko kanker tertentu. Kami akan mengupas tuntas manfaat-manfaat tersebut dengan menyertakan penjelasan ilmiah dan contoh-contoh nyata untuk membantu Anda memahami pentingnya vitamin E dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, mari kita lanjutkan perjalanan kita untuk mengetahui lebih dalam tentang manfaat vitamin E dan bagaimana vitamin ini dapat membantu kita menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Manfaat Utama Vitamin E

Vitamin E memiliki berbagai manfaat utama bagi kesehatan, di antaranya:

  • Menjaga Kesehatan Kulit: Vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi dari paparan sinar matahari, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan bintik hitam.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh: Vitamin E berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dengan mendukung fungsi sistem imun.
  • Menjaga Kesehatan Jantung: Vitamin E membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Membantu Menjaga Kesehatan Mata: Vitamin E membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan penglihatan.
  • Menurunkan Risiko Kanker Tertentu: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Untuk mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E, seperti pelembap, tabir surya, dan serum.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin E jika Anda memiliki kekurangan vitamin E atau jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan asupan vitamin E yang lebih tinggi.

Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat vitamin E:

  • Pilih minyak sayur yang kaya akan vitamin E, seperti minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, dan minyak jagung.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap hari, meskipun cuaca mendung.
  • Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan lain, seperti vitamin C dan beta-karoten, untuk meningkatkan efektivitas vitamin E dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa pertanyaan umum dan kesalahpahaman tentang vitamin E meliputi:

  • Apakah vitamin E dapat menyebabkan efek samping? Vitamin E umumnya aman dikonsumsi, namun beberapa efek samping ringan dapat terjadi, seperti mual, diare, sakit perut, dan sakit kepala.
  • Apakah vitamin E dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain? Vitamin E dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, obat statin, dan obat antiinflamasi nonsteroid.
  • Apakah vitamin E dapat dikonsumsi dalam jumlah besar? Mengonsumsi vitamin E dalam jumlah besar tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

Jadi, mulailah mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Mengintegrasikan Manfaat Vitamin E ke dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat melakukan beberapa langkah praktis berikut:

  • Konsumsi Makanan Kaya Vitamin E: Tambahkan makanan yang kaya akan vitamin E ke dalam menu harian Anda, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.
  • Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Vitamin E: Gunakan pelembap, tabir surya, dan serum yang mengandung vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit Anda.
  • Konsumsi Suplemen Vitamin E jika Diperlukan: Jika Anda memiliki kekurangan vitamin E atau jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan asupan vitamin E yang lebih tinggi, konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan suplemen vitamin E.

Berikut beberapa kisah nyata yang menunjukkan dampak positif dari penggunaan vitamin E:

  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Dermatology” menemukan bahwa penggunaan krim yang mengandung vitamin E dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti keriput dan bintik hitam.
  • Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “JAMA Internal Medicine” menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dewasa yang sehat.
  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Ophthalmology” menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD), suatu kondisi mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.
Baca Juga :  Manfaat Pemanasan yang Jarang Diketahui: Tingkatkan Kinerja & Kesehatan Anda!

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau tantangan dalam menerapkan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa tips untuk mengatasinya:

  • Jika Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, Anda dapat memperoleh vitamin E dari sumber lain, seperti minyak sayur, biji-bijian, dan sayuran hijau.
  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E.
  • Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan dengan dokter tentang potensi interaksi obat dengan vitamin E.

Jangan ragu untuk mengambil langkah pertama dalam mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam rutinitas harian Anda. Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E, atau berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan suplemen vitamin E jika diperlukan. Langkah kecil ini dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat vitamin E didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus yang solid. Salah satu studi kunci yang menunjukkan manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Dermatology”. Studi ini menemukan bahwa penggunaan krim yang mengandung vitamin E dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti keriput dan bintik hitam.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “JAMA Internal Medicine” menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dewasa yang sehat. Studi ini melibatkan lebih dari 35.000 peserta dan diikuti selama lebih dari 10 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin E sebesar 400 IU per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 24%.

Namun, perlu dicatat bahwa terdapat beberapa perdebatan dan pandangan yang kontras dalam komunitas ilmiah mengenai manfaat vitamin E. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang kurang konsisten atau bahkan negatif. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “The New England Journal of Medicine” menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin E tidak memberikan manfaat dalam mencegah kanker prostat.

Perbedaan hasil penelitian ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan metodologi penelitian, ukuran sampel, dan karakteristik peserta. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat vitamin E secara lebih komprehensif.

Meskipun demikian, bukti yang ada menunjukkan bahwa vitamin E memiliki potensi manfaat yang signifikan bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E, dan mengonsumsi suplemen vitamin E jika diperlukan dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa mengonsumsi vitamin E dalam jumlah besar tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko efek samping. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E untuk memastikan dosis yang tepat dan menghindari potensi interaksi dengan obat-obatan lain.

Jadi, jadilah konsumen yang cerdas dan kritis terhadap informasi yang tersedia. Pertimbangkan bukti ilmiah yang ada, diskusikan dengan dokter Anda, dan buatlah keputusan yang tepat tentang bagaimana Anda dapat mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan Anda dengan cara yang aman dan efektif.

Memaksimalkan Manfaat Vitamin E

Untuk memaksimalkan manfaat vitamin E dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa tips dan saran praktis:

  • Konsumsi Makanan Kaya Vitamin E: Pastikan untuk menyertakan makanan kaya vitamin E dalam menu harian Anda, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.
  • Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Vitamin E: Pilihlah pelembap, tabir surya, dan serum yang diformulasikan dengan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit Anda.
  • Pertimbangkan Suplemen Vitamin E jika Diperlukan: Jika Anda memiliki kekurangan vitamin E atau kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan asupan vitamin E yang lebih tinggi, konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan suplemen vitamin E.

Untuk mengintegrasikan vitamin E ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:

  • Dalam Memasak: Gunakan minyak sayur yang kaya akan vitamin E, seperti minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, dan minyak jagung, untuk menumis atau memanggang makanan.
  • Dalam Perawatan Kulit: Aplikasikan pelembap yang mengandung vitamin E ke seluruh tubuh Anda setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Dalam Perawatan Rambut: Tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E ke sampo atau kondisioner Anda untuk membantu menutrisi dan memperkuat rambut.
Baca Juga :  Manfaat Susu Kedelai Bagi Wanita: 7 Kunci Sehat yang Jarang Diketahui

Untuk menjaga keterlibatan jangka panjang dengan manfaat vitamin E, berikut beberapa praktik terbaik yang dapat Anda ikuti:

  • Tetapkan Tujuan yang Realistis: Jangan mencoba mengubah seluruh gaya hidup Anda sekaligus. Mulailah dengan membuat perubahan kecil dan bertahap yang dapat Anda pertahankan dalam jangka panjang.
  • Temukan Aktivitas yang Menyenangkan: Jika Anda menikmati aktivitas tertentu yang terkait dengan vitamin E, seperti memasak dengan minyak sayur atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E, Anda akan lebih cenderung untuk terus melakukannya.
  • Pantau Perkembangan Anda: Catat kemajuan Anda dan rayakan pencapaian Anda, sekecil apa pun. Ini akan membantu Anda tetap termotivasi dan terus maju.

Jangan takut untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan apa yang berhasil untuk Anda. Setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda, jadi temukan pendekatan yang paling cocok untuk Anda dan konsistenlah dengan itu.

Dengan mengikuti tips dan saran ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat vitamin E dalam kehidupan sehari-hari dan menikmati manfaatnya bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Sekarang, saatnya beralih ke bagian berikutnya, di mana kita akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan vitamin E secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti petunjuk ini, Anda dapat mulai merasakan manfaat vitamin E secara langsung dan melihat perbedaan yang nyata pada kesehatan dan penampilan Anda.

Tutorial: Menggunakan Manfaat Vitamin E dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam tutorial ini, kita akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara menggunakan manfaat vitamin E secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti petunjuk ini, Anda dapat mulai merasakan manfaat vitamin E secara langsung dan melihat perbedaan yang nyata pada kesehatan dan penampilan Anda.

Langkah 1: Konsumsi Makanan Kaya Vitamin E1a. Identifikasi Makanan Kaya Vitamin E: Mulailah dengan membuat daftar makanan yang kaya akan vitamin E, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. 1b. Tambahkan ke Menu Harian: Secara bertahap, masukkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu harian Anda. Misalnya, gunakan minyak sayur untuk memasak, konsumsi kacang-kacangan sebagai camilan, dan tambahkan sayuran hijau ke dalam salad atau tumisan Anda.Langkah 2: Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Vitamin E2a. Pilih Produk Berkualitas: Carilah produk perawatan kulit yang diformulasikan dengan vitamin E, seperti pelembap, tabir surya, dan serum. Pastikan produk tersebut berasal dari merek terpercaya dan memiliki kandungan vitamin E yang cukup. 2b. Aplikasikan Secara Rutin: Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E secara rutin sesuai dengan petunjuk penggunaan. Misalnya, aplikasikan pelembap ke seluruh tubuh Anda setelah mandi dan gunakan tabir surya sebelum keluar rumah.Langkah 3: Pertimbangkan Suplemen Vitamin E (jika diperlukan)3a. Konsultasikan dengan Dokter: Jika Anda memiliki kekurangan vitamin E atau kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan asupan vitamin E yang lebih tinggi, konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan suplemen vitamin E. 3b. Pilih Suplemen Berkualitas: Jika dokter menyarankan penggunaan suplemen vitamin E, pilihlah suplemen yang berasal dari merek terpercaya dan memiliki kandungan vitamin E yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 3c. Konsumsi Sesuai Dosis: Konsumsi suplemen vitamin E sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter atau sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan suplemen.Langkah 4: Pantau Perkembangan dan Evaluasi Hasil4a. Catat Perkembangan: Catatlah perkembangan kesehatan dan penampilan Anda setelah menggunakan manfaat vitamin E. Misalnya, amati apakah kulit Anda menjadi lebih lembap dan halus, apakah rambut Anda menjadi lebih kuat dan berkilau, atau apakah daya tahan tubuh Anda menjadi lebih baik. 4b. Evaluasi Hasil: Setelah beberapa minggu atau bulan, evaluasi hasil yang Anda dapatkan. Apakah Anda merasa lebih sehat dan percaya diri? Apakah Anda melihat perubahan positif pada kulit, rambut, atau kesehatan Anda secara keseluruhan?Kesimpulan Tutorial Dengan mengikuti langkah-langkah dalam tutorial ini, Anda dapat mulai merasakan manfaat vitamin E dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan apa yang berhasil untuk Anda dan konsistenlah dengan penggunaannya.

Bagikan pengalaman Anda menggunakan manfaat vitamin E dengan teman dan keluarga, atau di komunitas online. Dengan berbagi pengalaman, Anda dapat membantu orang lain untuk memahami manfaat vitamin E dan mendorong mereka untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka sendiri.

Langkah selanjutnya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan umum tentang manfaat vitamin E untuk mengatasi keraguan dan memberikan klarifikasi yang diperlukan. Dengan demikian, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang manfaat vitamin E dan merasa lebih percaya diri dalam menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Baca Juga :  Manfaat Push Up Setiap Hari: 10 Rahasia Kesehatan yang Jarang Diketahui

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Dalam bagian ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan seputar manfaat vitamin E. Jika Anda memiliki pertanyaan lain yang tidak tercantum di sini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan dan informasi yang Anda perlukan untuk memperoleh manfaat vitamin E secara maksimal.

1. Apa saja manfaat vitamin E bagi kesehatan?

Vitamin E memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu menjaga kesehatan mata, dan menurunkan risiko kanker tertentu.

2. Bagaimana cara mengonsumsi vitamin E?

Vitamin E dapat diperoleh melalui makanan yang kaya akan vitamin E, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E dan mengonsumsi suplemen vitamin E jika diperlukan.

3. Apa saja tantangan dalam mengonsumsi vitamin E?

Salah satu tantangan dalam mengonsumsi vitamin E adalah bahwa vitamin E dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, obat statin, dan obat antiinflamasi nonsteroid. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E.

4. Apa saja kesalahpahaman umum tentang vitamin E?

Salah satu kesalahpahaman umum tentang vitamin E adalah bahwa vitamin E dapat menyebabkan efek samping yang serius. Namun, efek samping vitamin E umumnya ringan dan jarang terjadi. Efek samping yang paling umum adalah mual, diare, sakit perut, dan sakit kepala.

5. Di mana saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang vitamin E?

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang vitamin E di berbagai sumber, seperti artikel kesehatan, buku, dan situs web terpercaya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kami harap jawaban-jawaban ini telah membantu Anda memahami manfaat vitamin E dan bagaimana cara menggunakannya secara efektif. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda untuk memperoleh manfaat vitamin E secara maksimal dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Perjalanan kita dalam memahami manfaat vitamin E telah berakhir, tetapi komitmen kami untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan Anda terus berlanjut. Berbekal pengetahuan yang telah Anda peroleh, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dan merasakan dampak positifnya pada kesehatan dan penampilan Anda. Jangan ragu untuk terus mencari informasi dan berkonsultasi dengan ahli untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat vitamin E secara optimal. Bersama-sama, kita dapat meraih tujuan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Kesimpulan

Perjalanan kita dalam memahami manfaat vitamin E telah berakhir, tetapi perjalanan menuju hidup yang lebih sehat dan sejahtera baru saja dimulai. Vitamin E menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan kita, mulai dari menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menurunkan risiko penyakit kronis. Dengan mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik dan mencapai tujuan kesehatan kita.

Mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti menambahkan makanan kaya vitamin E ke dalam menu harian Anda, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E, dan berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan suplemen vitamin E jika diperlukan. Perubahan kecil ini dapat membuat perbedaan besar dalam jangka panjang. Jangan takut untuk bereksperimen dan menemukan cara-cara kreatif untuk memasukkan vitamin E ke dalam rutinitas Anda.

Percayalah, usaha Anda akan terbayar dengan kesehatan yang lebih baik, kulit yang lebih bercahaya, dan tubuh yang lebih kuat. Vitamin E adalah kunci untuk membuka potensi kesehatan Anda yang sebenarnya. Jadi, jangan ragu untuk mengambil langkah pertama hari ini dan rasakan manfaat luar biasa yang ditawarkan vitamin E.

Jadilah agen perubahan bagi kesehatan Anda sendiri. Embarkasi perjalanan menuju hidup yang lebih sehat dan sejahtera dengan memanfaatkan manfaat vitamin E. Saatnya untuk memprioritaskan kesehatan Anda dan meraih kehidupan yang lebih baik. Mulailah sekarang dan lihat perbedaan yang luar biasa yang dapat Anda ciptakan.

Ingatlah, kesehatan adalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan. Dengan mengintegrasikan manfaat vitamin E ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda sedang berinvestasi pada masa depan yang lebih sehat dan bahagia. Jadi, jangan tunda lagi. Ambil tindakan sekarang dan mulailah perjalanan menuju hidup yang lebih baik dengan vitamin E sebagai sahabat perjalanan Anda.

Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.