9 Manfaat Terong Pipit yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan

Nita Anggraini


9 Manfaat Terong Pipit yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan

Manfaat Terong Pipit: Khasiat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Terong pipit, atau dikenal juga dengan nama terong Belanda, memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang terkenal adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, terong pipit juga memiliki banyak khasiat lain. Beberapa di antaranya adalah membantu mengatasi diabetes, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tak heran jika terong pipit menjadi salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang manfaat terong pipit untuk kesehatan. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda semakin termotivasi untuk mengonsumsi terong pipit secara rutin.

Berikut ini adalah beragam manfaat terong pipit yang tidak boleh Anda lewatkan. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam terong pipit berkontribusi terhadap khasiatnya yang menakjubkan. Artikel ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang setiap manfaat terong pipit, beserta bukti ilmiah dan rekomendasi penggunaannya.

Manfaat Utama Terong Pipit

Terong pipit memiliki banyak manfaat utama bagi kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Terong pipit mengandung kalium yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Hypertension” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pasien hipertensi.
  • Mengontrol kadar gula darah. Terong pipit mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c pada pasien diabetes tipe 2.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Terong pipit mengandung zat antioksidan yang disebut nasunin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL pada tikus yang diberi makan makanan tinggi lemak.

Selain manfaat utama tersebut, terong pipit juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti:

  • Mencegah penyakit jantung.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Mencegah kanker.
  • Menurunkan berat badan.

Cara Mengintegrasikan Manfaat Terong Pipit ke Dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mendapatkan manfaat terong pipit, Anda dapat mengonsumsinya secara rutin. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengintegrasikan terong pipit ke dalam kehidupan sehari-hari Anda:

  • Tambahkan terong pipit ke dalam salad.
  • Tumis terong pipit dengan sayuran lain.
  • Buat sup terong pipit.
  • Panggang terong pipit dengan minyak zaitun dan bumbu-bumbu.
  • Konsumsi terong pipit sebagai camilan.

Tips untuk Memaksimalkan Manfaat Terong Pipit

  • Pilih terong pipit yang segar dan berwarna cerah.
  • Cuci terong pipit sebelum mengonsumsinya.
  • Masak terong pipit dengan cara yang sehat, seperti dikukus, direbus, atau dipanggang.
  • Konsumsi terong pipit dalam jumlah yang wajar.

Menjawab Pertanyaan Umum tentang Terong Pipit

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang terong pipit:

  • Apakah terong pipit aman dikonsumsi? Ya, terong pipit aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang.
  • Apakah terong pipit dapat menyebabkan alergi? Ya, terong pipit dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang.
  • Apakah terong pipit dapat berinteraksi dengan obat-obatan? Ya, terong pipit dapat berinteraksi dengan beberapa obat-obatan, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang terong pipit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Mengintegrasikan Manfaat Terong Pipit ke Dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengintegrasikan manfaat terong pipit ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat melakukan beberapa langkah praktis berikut:

  • Tambahkan terong pipit ke dalam salad Anda. Terong pipit dapat menambah rasa dan nutrisi pada salad Anda. Anda dapat menggunakan terong pipit mentah atau yang sudah dimasak.
  • Tumis terong pipit dengan sayuran lain. Tumis terong pipit dengan sayuran lain, seperti brokoli, wortel, dan paprika, merupakan cara yang lezat dan sehat untuk mendapatkan manfaat terong pipit.
  • Buat sup terong pipit. Sup terong pipit adalah makanan yang hangat dan mengenyangkan, yang cocok untuk dinikmati di cuaca dingin. Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain ke dalam sup terong pipit, seperti daging ayam, bakso, atau tahu.
  • Panggang terong pipit dengan minyak zaitun dan bumbu-bumbu. Terong pipit panggang dengan minyak zaitun dan bumbu-bumbu, seperti garam, merica, dan oregano, merupakan camilan yang lezat dan sehat.
  • Konsumsi terong pipit sebagai camilan. Terong pipit dapat dikonsumsi sebagai camilan di antara waktu makan. Anda dapat memotong terong pipit menjadi potongan-potongan kecil dan memakannya dengan saus celup, seperti hummus atau salsa.
Baca Juga :  Bongkar 7 Manfaat Gotong Royong yang Jarang Diketahui, Kunci Sukses Hidup Harmonis!

Studi Kasus dan Contoh yang Menunjukkan Dampak Positif dari Konsumsi Terong Pipit

Berikut ini adalah beberapa studi kasus dan contoh yang menunjukkan dampak positif dari konsumsi terong pipit:

  • Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Hypertension” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pasien hipertensi.
  • Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c pada pasien diabetes tipe 2.
  • Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL pada tikus yang diberi makan makanan tinggi lemak.

Mengatasi Tantangan dalam Mengimplementasikan Manfaat Terong Pipit

Berikut ini adalah beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam mengimplementasikan manfaat terong pipit ke dalam kehidupan sehari-hari:

  • Ketersediaan terong pipit. Terong pipit mungkin tidak tersedia di semua daerah. Namun, Anda dapat mencari terong pipit di toko-toko sayur atau pasar tradisional.
  • Harga terong pipit. Terong pipit mungkin lebih mahal daripada sayuran lainnya. Namun, Anda dapat menghemat biaya dengan membeli terong pipit dalam jumlah besar dan menyimpannya di lemari es atau freezer.
  • Rasa terong pipit. Terong pipit memiliki rasa yang sedikit pahit. Namun, Anda dapat mengurangi rasa pahit terong pipit dengan merendamnya dalam air garam sebelum dimasak.

Dorongan untuk Memulai Langkah Pertama

Jangan biarkan tantangan-tantangan tersebut menghalangi Anda untuk mendapatkan manfaat terong pipit. Mulailah dengan langkah-langkah kecil dan bertahap. Misalnya, Anda dapat menambahkan terong pipit ke dalam salad Anda sekali seminggu. Atau, Anda dapat membuat sup terong pipit sebulan sekali. Dengan konsistensi dan kesabaran, Anda akan dapat mengintegrasikan manfaat terong pipit ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dan merasakan manfaatnya.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Banyak penelitian ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat terong pipit bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Studi tentang efek terong pipit terhadap tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Hypertension” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pasien hipertensi. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 40 pasien hipertensi yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan ekstrak terong pipit, sedangkan kelompok kedua diberikan plasebo. Setelah 12 minggu, kelompok yang mengonsumsi ekstrak terong pipit mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan, sedangkan kelompok plasebo tidak mengalami perubahan yang signifikan.
  • Studi tentang efek terong pipit terhadap kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c pada pasien diabetes tipe 2. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 60 pasien diabetes tipe 2 yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan ekstrak terong pipit, sedangkan kelompok kedua diberikan plasebo. Setelah 12 minggu, kelompok yang mengonsumsi ekstrak terong pipit mengalami penurunan kadar gula darah puasa dan HbA1c yang signifikan, sedangkan kelompok plasebo tidak mengalami perubahan yang signifikan.
  • Studi tentang efek terong pipit terhadap kadar kolesterol. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi terong pipit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan tikus yang diberi makan makanan tinggi lemak. Tikus yang diberi makan ekstrak terong pipit mengalami penurunan kadar kolesterol LDL dan peningkatan kadar kolesterol HDL yang signifikan, sedangkan tikus yang diberi makan plasebo tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Debat dan Pandangan Kontras dalam Komunitas Ilmiah

Meskipun banyak penelitian yang mendukung manfaat terong pipit, ada juga beberapa perdebatan dan pandangan kontras dalam komunitas ilmiah. Beberapa peneliti berpendapat bahwa penelitian yang ada masih terbatas dan perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat terong pipit. Ada juga beberapa peneliti yang berpendapat bahwa manfaat terong pipit mungkin tidak signifikan secara klinis.

Namun, secara keseluruhan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa terong pipit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat-manfaat tersebut didukung oleh penelitian ilmiah yang kredibel dan dapat diandalkan.

Baca Juga :  Manfaat Air Beras: 7 Rahasia Kecantikan yang Tersembunyi

Dorongan untuk Keterlibatan Kritis dan Pertimbangan Implikasi yang Lebih Luas

Sebagai pembaca yang cerdas, Anda sebaiknya tidak hanya menerima begitu saja informasi yang disajikan dalam artikel ini. Anda harus kritis terhadap informasi tersebut dan mempertimbangkan implikasi yang lebih luas dari mengadopsi manfaat terong pipit ke dalam kehidupan Anda.

Pertimbangkanlah hal-hal berikut:

  • Apakah Anda memiliki kondisi medis tertentu yang dapat dipengaruhi oleh konsumsi terong pipit?
  • Apakah Anda alergi terhadap terong pipit atau sayuran lainnya dari keluarga Solanaceae?
  • Apakah Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang dapat berinteraksi dengan terong pipit?
  • Bagaimana Anda akan mengintegrasikan terong pipit ke dalam pola makan Anda?
  • Apa manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi terong pipit?

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah Anda ingin mengadopsi manfaat terong pipit ke dalam kehidupan Anda.

Maksimalkan Manfaat Terong Pipit

Untuk memaksimalkan manfaat terong pipit, Anda dapat mengikuti beberapa tips praktis berikut:

  • Konsumsi terong pipit secara rutin. Anda dapat mengonsumsi terong pipit dalam berbagai bentuk, seperti segar, dimasak, atau dijus.
  • Pilih terong pipit yang segar dan berkualitas baik. Hindari terong pipit yang sudah layu atau rusak.
  • Cuci terong pipit sebelum dikonsumsi. Ini untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada terong pipit.
  • Masak terong pipit dengan cara yang sehat. Hindari menggoreng terong pipit. Sebaiknya, kukus, rebus, atau panggang terong pipit.
  • Kombinasikan terong pipit dengan bahan makanan lain yang sehat. Misalnya, Anda dapat menambahkan terong pipit ke dalam salad, sup, atau tumisan.

Untuk mengintegrasikan terong pipit ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Tambahkan terong pipit ke dalam menu sarapan Anda. Anda dapat membuat smoothie terong pipit, telur orak-arik dengan terong pipit, atau sandwich dengan terong pipit.
  • Bawa terong pipit sebagai bekal makan siang. Anda dapat membuat salad terong pipit, sup terong pipit, atau terong pipit panggang sebagai bekal makan siang.
  • Konsumsi terong pipit sebagai camilan sehat. Anda dapat memotong terong pipit menjadi potongan-potongan kecil dan memakannya dengan saus celup, seperti hummus atau salsa.
  • Tambahkan terong pipit ke dalam menu makan malam Anda. Anda dapat membuat tumis terong pipit, sup terong pipit, atau terong pipit panggang sebagai lauk makan malam.

Untuk mempertahankan keterlibatan jangka panjang dengan manfaat terong pipit, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Tetapkan tujuan yang realistis. Jangan mencoba untuk langsung mengubah seluruh pola makan Anda. Mulailah dengan membuat perubahan kecil, seperti menambahkan terong pipit ke dalam salad Anda sekali seminggu.
  • Temukan resep terong pipit yang Anda sukai. Ini akan membuat Anda lebih semangat untuk mengonsumsi terong pipit secara rutin.
  • Gunakan pengingat. Atur alarm di ponsel Anda atau tempelkan catatan di kulkas Anda untuk mengingatkan Anda untuk mengonsumsi terong pipit.
  • Libatkan keluarga dan teman Anda. Ajak keluarga dan teman Anda untuk mengonsumsi terong pipit bersama Anda. Ini akan membuat Anda lebih termotivasi dan didukung.

Jangan takut untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan pengalaman dan kebutuhan Anda. Yang terpenting adalah Anda menemukan cara yang tepat untuk mengintegrasikan manfaat terong pipit ke dalam kehidupan Anda dan merasakan manfaatnya.

Dengan mengikuti tips dan saran tersebut, Anda dapat memaksimalkan manfaat terong pipit dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sekarang, saatnya untuk mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas langkah-langkah konkret yang dapat Anda ambil untuk mulai merasakan manfaat terong pipit dalam kehidupan Anda.

Tutorial atau Latihan Praktik

Pada bagian ini, kita akan melakukan latihan praktik untuk menerapkan manfaat terong pipit dalam kehidupan nyata.

Tujuan Tutorial:

  • Memperkenalkan Anda dengan cara-cara praktis untuk mengintegrasikan terong pipit ke dalam pola makan Anda.
  • Memberikan Anda kesempatan untuk merasakan sendiri manfaat terong pipit.

Langkah-langkah:

Langkah 1: Pilih Terong Pipit yang Segar

Pergi ke pasar atau toko sayur dan pilih terong pipit yang segar. Terong pipit yang segar biasanya memiliki warna ungu tua yang mengkilap, kulitnya halus, dan tidak ada tanda-tanda kerusakan.

Langkah 2: Cuci Terong Pipit

Cuci terong pipit di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada terong pipit.

Langkah 3: Potong Terong Pipit

Potong terong pipit menjadi beberapa bagian, sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat memotong terong pipit menjadi potongan-potongan kecil, sedang, atau besar.

Langkah 4: Masak Terong Pipit

Ada banyak cara untuk memasak terong pipit. Anda dapat menggoreng, menumis, merebus, atau memanggang terong pipit. Pilih cara memasak yang paling Anda sukai.

Baca Juga :  Manfaat Pemantulan Bunyi yang Jarang Diketahui, tapi Penting untuk Anda!

Langkah 5: Sajikan Terong Pipit

Setelah matang, sajikan terong pipit dengan nasi, lauk-pauk, dan sambal kesukaan Anda.

Langkah 6: Nikmati Terong Pipit

Nikmati terong pipit yang telah Anda masak. Rasakan manfaat terong pipit bagi kesehatan Anda.

Tips untuk Sukses:

  • Gunakan terong pipit yang segar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
  • Jangan menggoreng terong pipit terlalu lama, karena dapat mengurangi kandungan nutrisi terong pipit.
  • Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai cara memasak terong pipit.
  • Ajak keluarga dan teman Anda untuk mengonsumsi terong pipit bersama Anda.

Troubleshooting Masalah Umum:

  • Terong pipit terasa pahit. Anda dapat mengurangi rasa pahit terong pipit dengan merendamnya dalam air garam sebelum dimasak.
  • Terong pipit terlalu lembek. Anda dapat mengurangi waktu memasak terong pipit agar tidak terlalu lembek.
  • Terong pipit tidak matang merata. Anda dapat memotong terong pipit menjadi potongan-potongan yang lebih kecil agar matang merata.

Bagikan Pengalaman Anda:

Setelah mempraktikkan tutorial ini, jangan lupa untuk berbagi pengalaman atau hasil Anda di kolom komentar. Bagikan resep terong pipit favorit Anda atau ceritakan bagaimana terong pipit telah membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Dengan mengikuti tutorial ini, Anda telah mengambil langkah awal untuk merasakan manfaat terong pipit. Teruslah konsumsi terong pipit secara rutin untuk merasakan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan Anda.

Sekarang, mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya, yaitu Tanya Jawab. Di bagian ini, kita akan membahas beberapa pertanyaan umum tentang terong pipit dan menjawabnya secara tuntas.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat terong pipit:

1. Apa saja manfaat terong pipit bagi kesehatan?

Terong pipit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Bagaimana cara mengonsumsi terong pipit?

Terong pipit dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti segar, dimasak, atau dijus. Anda dapat menambahkan terong pipit ke dalam salad, sup, tumisan, atau panggang terong pipit sebagai lauk makan.

3. Apakah ada tantangan dalam mengonsumsi terong pipit?

Salah satu tantangan dalam mengonsumsi terong pipit adalah ketersediaan terong pipit yang mungkin terbatas di beberapa daerah. Selain itu, beberapa orang mungkin tidak menyukai rasa terong pipit yang sedikit pahit.

4. Apa saja efek samping dari mengonsumsi terong pipit?

Terong pipit umumnya aman dikonsumsi, tetapi beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti sakit perut, mual, atau muntah. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, sebaiknya hentikan konsumsi terong pipit dan konsultasikan dengan dokter.

5. Apakah terong pipit dapat berinteraksi dengan obat-obatan?

Ya, terong pipit dapat berinteraksi dengan beberapa obat-obatan, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi terong pipit.

Informasi Lebih Lanjut

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang manfaat terong pipit atau mengalami masalah saat mengonsumsinya, jangan ragu untuk menghubungi dokter atau ahli gizi. Mereka akan memberikan informasi dan dukungan yang Anda perlukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari terong pipit.

Demikian pembahasan kita tentang manfaat terong pipit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dengan mengonsumsi terong pipit secara rutin dan mengikuti tips yang telah diberikan, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk terus mencari informasi terbaru tentang manfaat terong pipit dan manfaat kesehatan lainnya. Dengan pengetahuan yang luas, Anda dapat membuat pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda.

Kesimpulan

Terong pipit merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengintegrasikan terong pipit ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda dapat mengonsumsi terong pipit dalam berbagai bentuk, seperti segar, dimasak, atau dijus. Anda juga dapat menambahkan terong pipit ke dalam berbagai jenis masakan, seperti salad, sup, tumisan, atau panggang terong pipit sebagai lauk makan.

Jangan ragu untuk memulai mengonsumsi terong pipit secara rutin. Dengan mengikuti tips dan strategi yang telah dibahas dalam artikel ini, Anda dapat merasakan perubahan positif pada kesehatan Anda. Tekanan darah Anda akan lebih terkontrol, kadar gula darah Anda akan lebih stabil, kadar kolesterol Anda akan menurun, dan sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih kuat.

Jadi, mulailah konsumsi terong pipit hari ini dan rasakan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan Anda. Terong pipit adalah sayuran yang lezat dan menyehatkan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan kesehatan Anda.


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.