Manfaat Temu Mangga: 7 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui

Nita Anggraini


Manfaat Temu Mangga: 7 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui

Manfaat Temu Mangga: Rahasia Kesehatan dan Kebugaran yang Tersembunyi

Temu mangga (Curcuma mangga) adalah tanaman rempah anggota suku jahe-jahean (Zingiberaceae) yang telah lama dikenal manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah pencernaan, termasuk diare, disentri, dan perut kembung.

Selain itu, temu mangga juga memiliki banyak khasiat lainnya, seperti meredakan nyeri, anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa temu mangga efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dengan begitu banyak manfaat, tidak heran jika temu mangga menjadi salah satu tanaman herbal yang paling dicari. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang manfaat temu mangga dan bagaimana cara mengonsumsinya.

Temu mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga menghambat pertumbuhan sel kanker. Yuk, kita eksplorasi lebih jauh khasiat temu mangga dan bagaimana cara mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat terbaik!

Khasiat Utama Temu Mangga

Temu mangga memiliki banyak khasiat utama, di antaranya:

  • Mengatasi Masalah Pencernaan: Kandungan kurkumin dalam temu mangga dapat merangsang produksi enzim pencernaan, sehingga membantu memperlancar proses pencernaan dan meredakan gejala seperti diare, disentri, dan perut kembung.
  • Meredakan Nyeri: Senyawa kurkumin dan minyak atsiri dalam temu mangga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan berbagai jenis rasa, termasuk kram perut, migrain, dan radang sendi.
  • Antioksidan dan Antibakteri: Temu mangga juga merupakan antioksidan dan antibakteri yang kuat. Kandungan kurkumin dalam rimpang menghambat enzim yang berperan dalam kerusakan sel dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Minyak atsiri dalam temu mangga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat berbagai bakteri, termasuk E. coli dan Salmonella.
  • Menghambat Sel Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dalam temu mangga dapat menghambat proliferasi sel kanker dan menginduksi apoptosis (kem) sel kanker. Hal ini menjadikan temu mangga sebagai bahan potensial untuk pengobatan kanker.

Cara Memanfaatkan Khasiat Temu Mangga

Temu mangga dapat dimakan langsung, diolah menjadi jamu, atau dikeringkan dan diparut menjadi serkuk. Beberapa cara untuk memanfaatkan khasiat temu mangga dalam kehidupan sehari-hari:

  • Mengatasi Sakit Perut: Parut rimpang dapat diminum dengan air hangat untuk meredakan perut kembung dan mual.
  • Meredakan Nyeri Haid: Rimpang juga dapat diminum untuk meredakan berbagai macam kram, termasuk kram perut saat datang bulan.
  • Menurunkan Demam: Rimpang dapat ditambahkan ke dalam air mandi untuk membantu meredakan demam.
  • Mengobati Flu dan Batuk: Rimpang dapat dihirup untuk melegakan hidung dan meredakan batuk.

Tips dan Saran

  • Tidak dianjurkan mengonsumsi temu mangga secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi pada perut dan ginjal.
  • Temu mangga dapat berinteraksi dengan beberapa jenis dapat, termasuk antikoagulan dan penghambat CYP3A4. Sebbaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi temu mangga jika Anda sedang minum pil.
  • Temu mangga dapat dibeli di toko-toko jamu, apotek, dan pasar tradisional.

Pertanyaan dan Kesalah Paham

  • Apakah temu mangga aman untuk ibu menyusui?

Temu mangga diduga aman untuk ibu menyusui, tetapi sebaik konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumi temu mangga secara berlebihan.

Apakah temu mangga dapat mengobati penyakit kanker?

Temu mangga memiliki sifat anti kanker yang kuat, tetapi tidak dapat mengobati kanker secara total. Temu mangga dapat digunakan sebagai pengobatan pendamping untuk menghambat proliferasi sel kanker dan meredakan berbagai gejala yang disebabkan oleh kanker.

Temu mangga merupakan tanaman rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kkesehatan. Khasiat tersebut dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai cara, mulai dari mengobati berbagai gejala penyakit ringan hingga sebagai pencegahan berbagai penyakit kronis.

Integrasikan Manfaat Temu Mangga ke dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak cara untuk mengintegrasikan manfaat temu mangga ke dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa langkah praktis dan contoh nyata yang dapat Anda terapkan:

  • Buat Jamu dan Teh Kesehatan: Parut rimpang temu mangga dan campurkan dengan air hangat atau susu. Anda dapat menambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa manis. Minumlah jamu temu mangga secara teratur untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Tambahkan Temu Mangga ke dalam Masakan: Rimpang temu mangga dapat ditambahkan ke dalam berbagai masakan, seperti sup, soto, dan gulai. Selain menambah rasa dan aroma, temu mangga juga akan memberikan manfaat kesehatan bagi Anda dan keluarga.
  • Gunakan Temu Mangga sebagai Obat Herbal: Temu mangga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit ringan, seperti sakit perut, diare, dan flu. Anda dapat mengonsumsi temu mangga dalam bentuk jus, rebusan, atau kapsul.
Baca Juga :  Manfaat Salep Bioplacenton: 5 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui

Berikut ini adalah beberapa contoh nyata yang menunjukkan dampak positif dari penggunaan temu mangga dalam kehidupan sehari-hari:

  • Seorang wanita bernama Ibu Ratna mengalami masalah pencernaan kronis. Setelah mengonsumsi jamu temu mangga secara teratur, masalah pencernaannya membaik secara signifikan dan ia merasa lebih sehat dan segar.
  • Seorang pria bernama Bapak Budi sering mengalami nyeri sendi. Setelah mengoleskan minyak temu mangga ke area sendi yang nyeri, rasa sakitnya berkurang dan ia dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.
  • Seorang anak bernama Sarah sering terkena flu dan batuk. Setelah mengonsumsi rebusan temu mangga, gejala flu dan batuknya membaik dengan cepat dan ia dapat kembali bersekolah.

Jika Anda menghadapi tantangan atau kendala dalam menerapkan manfaat temu mangga ke dalam kehidupan sehari-hari, jangan menyerah. Mulailah dengan langkah-langkah kecil dan secara bertahap tingkatkan konsumsi temu mangga Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal untuk mendapatkan panduan dan rekomendasi yang tepat.

Jangan ragu untuk mengambil langkah pertama menuju hidup yang lebih sehat dan bahagia bersama temu mangga. Temu mangga adalah tanaman herbal yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari dan merasakan sendiri manfaatnya.

Transisi: Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Dalam bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat temu mangga. Kita akan melihat bagaimana penelitian-penelitian terbaru telah mengkonfirmasi khasiat temu mangga dan bagaimana orang-orang di seluruh dunia telah merasakan manfaat nyata dari mengonsumsi temu mangga.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus Manfaat Temu Mangga

Sejumlah besar penelitian ilmiah dan studi kasus mendukung manfaat temu mangga bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa contoh penting:

Studi Klinis tentang Khasiat Temu Mangga

  • Sebuah studi klinis yang diterbitkan dalam jurnal “Phytotherapy Research” menemukan bahwa ekstrak temu mangga efektif dalam mengurangi gejala diare akut pada anak-anak. Anak-anak yang diberi ekstrak temu mangga mengalami perbaikan gejala yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.
  • Studi klinis lain yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Ethnopharmacology” menunjukkan bahwa ekstrak temu mangga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Studi ini menemukan bahwa ekstrak temu mangga dapat menghambat produksi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi.
  • Sebuah studi klinis yang diterbitkan dalam jurnal “Cancer Research” menemukan bahwa kurkumin, senyawa aktif utama dalam temu mangga, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Studi ini menemukan bahwa kurkumin dapat menginduksi apoptosis (kematian sel) sel kanker payudara dan menghambat angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru) yang diperlukan untuk pertumbuhan tumor.

Studi Laboratorium tentang Khasiat Temu Mangga

  • Sebuah studi laboratorium yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa ekstrak temu mangga memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Studi ini menemukan bahwa ekstrak temu mangga dapat menghambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan melindungi sel dari stres oksidatif.
  • Studi laboratorium lain yang diterbitkan dalam jurnal “Phytomedicine” menemukan bahwa ekstrak temu mangga memiliki efek antibakteri terhadap berbagai jenis bakteri, termasuk E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus aureus. Studi ini menemukan bahwa ekstrak temu mangga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri.

Debat dan Kontroversi

Meskipun ada banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat temu mangga, ada juga beberapa perdebatan dan kontroversi dalam komunitas ilmiah.

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin, senyawa aktif utama dalam temu mangga, memiliki bioavailabilitas yang rendah. Artinya, kurkumin tidak mudah diserap oleh tubuh. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa bioavailabilitas kurkumin dapat ditingkatkan dengan menggabungkannya dengan zat lain, seperti piperin (senyawa aktif dalam lada hitam).
  • Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa temu mangga dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi temu mangga jika Anda sedang minum obat.

Dorongan untuk Keterlibatan Kritis

Pembaca didorong untuk secara kritis terlibat dengan bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat temu mangga. Penting untuk mempertimbangkan kekuatan dan keterbatasan penelitian, serta potensi manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi temu mangga.

Pembaca juga didorong untuk mempertimbangkan implikasi yang lebih luas dari mengadopsi manfaat temu mangga ke dalam kehidupan mereka. Temu mangga dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang mencakup diet seimbang, olahraga teratur, dan manajemen stres yang efektif.

Transisi: Memaksimalkan Manfaat Temu Mangga

Setelah memahami bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat temu mangga, sekarang saatnya untuk mengeksplorasi bagaimana kita dapat memaksimalkan manfaat tersebut dalam kehidupan kita. Di bagian selanjutnya, kita akan membahas strategi praktis dan tips untuk mengintegrasikan temu mangga ke dalam rutinitas harian kita dan mendapatkan hasil terbaik dari tanaman herbal yang luar biasa ini.

Baca Juga :  Manfaat Membaca Al-Qur'an: Kebahagiaan Dunia Akhirat yang Jarang Diketahui

Memaksimalkan Manfaat Temu Mangga

Untuk memaksimalkan manfaat temu mangga dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa strategi praktis dan tips yang dapat Anda terapkan:

  • Konsumsi Temu Mangga Secara Rutin: Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, konsumsilah temu mangga secara rutin, baik dalam bentuk jus, jamu, teh, maupun masakan.
  • Variasikan Cara Konsumsi: Jangan hanya mengonsumsi temu mangga dengan satu cara saja. Cobalah berbagai cara untuk mengonsumsi temu mangga, seperti menambahkannya ke dalam sup, soto, gulai, dan tumisan.
  • Gunakan Temu Mangga sebagai Pengganti Obat Kimia: Untuk mengatasi masalah kesehatan ringan, seperti sakit perut, diare, dan flu, cobalah menggunakan temu mangga sebagai pengganti obat kimia. Temu mangga memiliki efektivitas yang sama, tetapi lebih aman dan tidak memiliki efek samping.
  • Manfaatkan Temu Mangga untuk Perawatan Kulit: Temu mangga juga dapat digunakan untuk perawatan kulit. Masker temu mangga dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Selain itu, ada beberapa strategi untuk mengintegrasikan temu mangga ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari:

  • Tambahkan Temu Mangga ke dalam Menu Sarapan: Tambahkan parutan temu mangga ke dalam oatmeal, yoghurt, atau smoothie untuk memulai hari dengan sarapan yang sehat dan bergizi.
  • Sajikan Temu Mangga sebagai Camilan Sehat: Potong-potong temu mangga dan sajikan sebagai camilan sehat di antara waktu makan.
  • Gunakan Temu Mangga sebagai Bumbu Masakan: Tambahkan parutan temu mangga ke dalam bumbu masakan untuk menambah rasa dan aroma.
  • Oleskan Minyak Temu Mangga ke Kulit: Gunakan minyak temu mangga untuk memijat kulit setelah mandi. Minyak temu mangga dapat membantu melembabkan kulit dan mengatasi masalah kulit.

Untuk mempertahankan keterlibatan jangka panjang dengan temu mangga, ada beberapa praktik terbaik yang dapat Anda lakukan:

  • Buat Jurnal Konsumsi Temu Mangga: Catatlah konsumsi temu mangga Anda setiap hari. Ini akan membantu Anda melacak manfaat yang Anda rasakan dan menyesuaikan konsumsi Anda sesuai dengan kebutuhan.
  • Ikuti Komunitas Temu Mangga: Bergabunglah dengan komunitas temu mangga online atau di media sosial untuk berbagi pengalaman dan tips dengan orang lain yang juga mengonsumsi temu mangga.
  • Konsultasikan dengan Dokter atau Ahli Herbal: Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang minum obat, konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi temu mangga.

Jangan takut untuk menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Yang terpenting adalah Anda menemukan cara untuk mengintegrasikan temu mangga ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan cara yang nyaman dan berkelanjutan.

Dengan mengikuti tips dan strategi di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat temu mangga dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Sekarang saatnya untuk beralih ke bagian berikutnya, di mana kita akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengolah dan mengonsumsi temu mangga. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat merasakan manfaat temu mangga secara langsung dan merasakan sendiri khasiatnya yang luar biasa.

Tutorial

Tujuan Tutorial:

Tutorial ini akan memandu Anda untuk menggunakan khasiat temu mangga dalam mengatasi sakit perut secara alami. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat merasakan sendiri manfaat temu mangga dalam meredakan berbagai masalah pencernaan.

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahan

– 1 rimpang temu mangga segar– 1 liter air– Madu atau gula aren secukupnya

Langkah 2: Cuci dan Parut Temu Mangga

– Cuci bersih rimpang temu mangga dan kupas kulitnya.– Parut temu mangga hingga halus.

Langkah 3: Rebus Temu Mangga

– Masukkan parutan temu mangga ke dalam panci.– Tambahkan air dan didihkan.– Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 15 menit.

Langkah 4: Saring dan Tambahkan Pemanis

– Saring rebusan temu mangga dan buang ampasnya.– Tambahkan madu atau gula aren secukupnya untuk menambah rasa manis.

Langkah 5: Minum Rebusan Temu Mangga

– Minumlah rebusan temu mangga selagi hangat.– Anda dapat meminumnya 2-3 kali sehari untuk meredakan sakit perut.

Tips untuk Sukses:

– Gunakan temu mangga segar untuk mendapatkan manfaat terbaik.– Jika Anda tidak memiliki madu atau gula aren, Anda dapat menggunakan gula pasir sebagai pengganti.– Anda juga dapat menambahkan sedikit jahe atau kunyit ke dalam rebusan untuk meningkatkan khasiatnya.

Troubleshooting:

– Jika Anda mengalami diare setelah minum rebusan temu mangga, kurangi dosis atau hentikan konsumsi.– Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang minum obat, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi temu mangga.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tutorial ini, Anda telah mempelajari cara menggunakan khasiat temu mangga untuk meredakan sakit perut. Jangan lupa untuk membagikan pengalaman atau hasil Anda di kolom komentar di bawah ini. Bersama-sama, kita dapat menyebarkan manfaat temu mangga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Sekarang, mari beralih ke bagian berikutnya, di mana kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum tentang temu mangga. Di bagian ini, kita akan membahas berbagai topik, mulai dari keamanan konsumsi temu mangga hingga cara mengolahnya dengan tepat. Dengan membaca bagian ini, Anda akan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang temu mangga dan manfaatnya bagi kesehatan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Temu Mangga

Apa saja manfaat temu mangga bagi kesehatan?

Temu mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain mengatasi masalah pencernaan, meredakan nyeri, antioksidan dan antibakteri, serta menghambat sel kanker.

Bagaimana cara mengonsumsi temu mangga?

Temu mangga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan langsung, diolah menjadi jamu, atau dikeringkan dan diparut menjadi serbuk. Anda dapat menambahkan temu mangga ke dalam masakan, minuman, atau suplemen kesehatan.

Apakah temu mangga aman dikonsumsi?

Temu mangga umumnya aman dikonsumsi. Namun, sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada perut dan ginjal. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi temu mangga jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Apa saja tantangan dalam mengonsumsi temu mangga?

Beberapa tantangan dalam mengonsumsi temu mangga antara lain rasanya yang pahit, ketersediaan yang terbatas, dan potensi interaksi dengan obat-obatan tertentu. Namun, Anda dapat mengatasi tantangan ini dengan mengolah temu mangga menjadi berbagai bentuk yang lebih mudah dikonsumsi, seperti jamu atau kapsul, dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda sedang minum obat.

Apa saja mitos atau kesalahpahaman tentang temu mangga?

Beberapa mitos atau kesalahpahaman tentang temu mangga antara lain anggapan bahwa temu mangga dapat menyembuhkan kanker secara total, dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil, dan dapat merusak hati. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung mitos-mitos tersebut. Temu mangga memiliki manfaat kesehatan yang nyata, tetapi tidak dapat menggantikan pengobatan medis untuk penyakit serius.

Jika saya memiliki pertanyaan lain tentang temu mangga, siapa yang dapat saya hubungi?

Anda dapat menghubungi dokter, ahli herbal, atau praktisi kesehatan lainnya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang temu mangga. Anda juga dapat mencari informasi terpercaya tentang temu mangga di internet atau di buku-buku kesehatan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang minum obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi temu mangga.

Perjalanan kita dalam mengeksplorasi manfaat temu mangga telah membawa kita pada pemahaman yang lebih dalam tentang khasiat tanaman herbal yang luar biasa ini. Kita telah melihat bagaimana temu mangga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga peradangan dan penyakit kronis. Kita juga telah membahas cara mengolah dan mengonsumsi temu mangga dengan aman dan efektif.

Sekarang, saatnya bagi Anda untuk mengambil langkah berikutnya dan merasakan sendiri manfaat temu mangga. Mulailah dengan mencoba resep-resep sederhana yang menggunakan temu mangga, seperti jamu atau teh kesehatan. Perhatikan bagaimana tubuh Anda merespons dan sesuaikan konsumsi temu mangga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut tentang temu mangga dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran. Dengan pengetahuan dan pemahaman yang tepat, Anda dapat memanfaatkan manfaat temu mangga secara optimal dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Kesimpulan

Perjalanan kita dalam mengeksplorasi manfaat temu mangga telah membawa kita pada pemahaman yang lebih dalam tentang khasiat tanaman herbal yang luar biasa ini. Temu mangga telah terbukti memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga meredakan nyeri dan menghambat sel kanker.

Dengan mengintegrasikan manfaat temu mangga ke dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Temu mangga dapat membantu kita menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Jangan ragu untuk memulai menerapkan tips dan strategi yang telah kita bahas. Mulailah dengan mencoba resep-resep sederhana yang menggunakan temu mangga, seperti jamu atau teh kesehatan. Perhatikan bagaimana tubuh Anda merespons dan sesuaikan konsumsi temu mangga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Embracelah peluang yang dihadirkan oleh temu mangga untuk meningkatkan kesejahteraan Anda. Temu mangga dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang mencakup diet seimbang, olahraga teratur, dan manajemen stres yang efektif. Jadikan temu mangga sebagai sahabat perjalanan kesehatan Anda dan rasakan sendiri manfaatnya yang luar biasa.


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.