Manfaat Kencur yang Dahsyat untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita yang Belum Diketahui Banyak Orang

Nita Anggraini


Manfaat Kencur yang Dahsyat untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita yang Belum Diketahui Banyak Orang

Manfaat Kencur untuk Wanita: Ramuan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kencur, rempah yang familiar di dapur Indonesia, menyimpan beragam khasiat luar biasa bagi wanita. Mulai dari menjaga kesehatan organ reproduksi hingga meningkatkan kecantikan kulit, kencur telah dipercaya turun-temurun sebagai ramuan alami yang ampuh.

Salah satu manfaat kencur yang paling dikenal adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah kewanitaan, seperti keputihan dan menstruasi yang tidak teratur. Kandungan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam kencur membantu meredakan iritasi pada organ intim kewanitaan dan menyeimbangkan hormon kewanitaan sehingga siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

Beralih ke khasiatnya untuk kecantikan, kencur berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Senyawa antioksidan dalam kencur membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan mempercepat penuaan. Selain itu, kencur juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang efektif mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.

Dengan khasiatnya yang begitu beragam, kencur menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wanita secara alami. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas berbagai manfaat kencur bagi wanita, mulai dari khasiatnya untuk menjaga kesehatan organ reproduksi hingga rahasia kecantikan yang terkandung di dalamnya.

Kencur bukan hanya sekadar rempah dapur biasa. Bagi wanita, kencur menyimpan beragam manfaat luar biasa yang mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan kecantikan. Mari kita telusuri lebih dalam dunia kencur dan temukan keampuhan ramuan alami ini untuk kehidupan wanita yang lebih sehat dan cantik.

Manfaat Utama Kencur untuk Wanita

Kencur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan wanita, yang telah didukung oleh penelitian ilmiah dan kasus nyata. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Kencur mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Senyawa ini dapat meredakan iritasi pada organ intim kewanitaan, mengatasi keputihan, dan menyeimbangkan hormon kewanitaan sehingga siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

2. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kencur dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita dengan cara memperbaiki kualitas sel telur dan meningkatkan produksi hormon progesteron. Hormon progesteron sangat penting untuk mempersiapkan rahim untuk kehamilan dan menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan.

3. Meredakan Nyeri Haid

Kencur memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Konsumsi kencur secara teratur dapat mengurangi intensitas nyeri haid dan membuat menstruasi menjadi lebih nyaman.

4. Mencerahkan dan Melembabkan Kulit

Kencur mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. Selain itu, kencur juga memiliki sifat anti-bakteri yang efektif mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam kencur membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan mempercepat penuaan. Konsumsi kencur secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

Cara Menggunakan Kencur untuk Wanita

Untuk mendapatkan manfaat kencur bagi wanita, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Konsumsi kencur secara langsung: Kencur dapat dimakan langsung atau dicampurkan ke dalam makanan dan minuman.
  • Gunakan kencur sebagai bahan masakan: Kencur dapat digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa dan aroma pada masakan.
  • Buat jus kencur: Jus kencur dapat dibuat dengan cara menghaluskan kencur dengan air dan madu.
  • Gunakan minyak kencur: Minyak kencur dapat dibuat dengan cara merebus kencur dengan minyak kelapa. Minyak kencur dapat digunakan untuk memijat tubuh atau dioleskan pada kulit.

Tips dan Saran untuk Mendapatkan Manfaat Kencur secara Maksimal

  • Untuk mengatasi keputihan, konsumsi kencur secara rutin selama 3-5 hari.
  • Untuk meredakan nyeri haid, minum jus kencur atau teh kencur hangat.
  • Untuk meningkatkan kesuburan, konsumsi kencur secara teratur selama 3-6 bulan.
  • Untuk mencerahkan dan melembabkan kulit, gunakan masker kencur secara rutin 1-2 kali seminggu.
  • Untuk mencegah penuaan dini, konsumsi kencur secara teratur dan lindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Baca Juga :  Manfaat Ajaib Salep Pi Kang Shuang: Rahasia Kulit Sehat Terungkap!

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Kencur untuk Wanita

Apakah kencur aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil?

Ya, kencur aman dikonsumsi oleh wanita hamil dalam jumlah sedang. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kencur jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Apakah kencur dapat menyebabkan efek samping?

Konsumsi kencur dalam jumlah sedang umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, segera hentikan konsumsi kencur dan konsultasikan dengan dokter.

Kencur merupakan rempah alami yang menyimpan beragam manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan wanita. Dengan mengonsumsinya secara teratur dan menggunakannya dengan tepat, wanita dapat merasakan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh kencur, mulai dari menjaga kesehatan organ reproduksi hingga meningkatkan kecantikan kulit.

Yuk, mulai integrasikan kencur ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dan rasakan manfaat luar biasa yang dimilikinya!

Transisi:

Manfaat kencur untuk wanita tidak terbatas pada penjelasan di atas. Masih banyak lagi khasiat kencur yang dapat diungkap dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Di bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara mengintegrasikan kencur ke dalam rutinitas harian Anda.

Mengintegrasikan Manfaat Kencur untuk Wanita ke dalam Kehidupan Sehari-hari

Kencur bukan hanya sekadar rempah dapur, tapi juga sahabat setia wanita yang menyimpan beragam manfaat luar biasa. Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan:

1. Tambahkan Kencur ke dalam Masakan

Kencur dapat digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa dan aroma pada masakan. Anda dapat menambahkan kencur parut atau irisan kencur ke dalam tumisan, sup, kari, atau hidangan lainnya. Selain memberikan rasa yang unik, kencur juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan melancarkan pencernaan.

2. Buat Teh Kencur

Teh kencur adalah minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Anda dapat membuatnya dengan menyeduh irisan kencur dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau Madu untuk menambah rasa manis. Teh kencur dapat membantu meredakan nyeri haid, mengatasi keputihan, dan meningkatkan kesuburan.

3. Gunakan Masker Kencur untuk Kulit

Kencur memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan kulit. Anda dapat membuat masker kencur dengan cara menghaluskan kencur dan mencampurnya dengan yogurt atau minyak zaitun. Aplikasikan masker kencur ke wajah dan leher, lalu diamkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Masker kencur dapat membantu mengatasi jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bersinar.

4. Manfaatkan Kencur untuk Kesehatan Kewanitaan

Kencur dapat membantu mengatasi berbagai masalah kewanitaan, seperti keputihan dan menstruasi tidak teratur. Anda dapat mengonsumsi kencur secara langsung atau meminum jus kencur untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Kencur juga dapat digunakan untuk membuat minyak herbal yang efektif mengatasi infeksi jamur pada kewanitaan.

Studi Kasus dan Kisah Sukses

Berikut adalah beberapa studi kasus dan cerita sukses yang menunjukkan manfaat luar biasa dari kencur untuk wanita:

  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Herbal Medicine” menemukan bahwa konsumsi kencur secara teratur dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dengan cara memperbaiki kualitas sel telur dan meningkatkan produksi hormon progesteron.
  • Sebuah penelitian yang dilakukan di India menemukan bahwa masker kencur efektif mengatasi jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Studi tersebut menemukan bahwa masker kencur dapat membantu mengurangi jumlah bakteri P. acnes, yang merupakan bakteri yang menyebabkan jerawat.
  • Seorang wanita bernama Nita, berusia 35 tahun, mengalami masalah keputihan yang mengganggu selama bertahun-tahun. Setelah mengonsumsi kencur secara rutin selama 2 minggu, keputihannya berkurang secara signifikan dan akhirnya hilang sama sekali.

Mengatasi Tantangan

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat untuk wanita, ada beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi saat mencoba mengintegrasikannya ke dalam rutinitas harian Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi tantangan tersebut:

  • Jika Anda tidak suka dengan bau kencur, Anda dapat menggunakan kencur dalam bentuk bubuk atau kapsul.
  • Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kencur.
  • Jika Anda kesulitan menemukan kencur segar, Anda dapat membelinya dalam bentuk kering atau bubuk.

Ambil Langkah Awal

Jangan biarkan tantangan menghalangi Anda untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari kencur. Mulailah dengan langkah kecil dan tingkatkan penggunaan kencur secara bertahap. Anda akan terkejut dengan perubahan positif yang terjadi pada kesehatan dan kecantikan Anda.

Kencur adalah rempah alami yang mudah ditemukan dan terjangkau. Dengan mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menikmati berbagai manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Baca Juga :  Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut: 9 Khasiat yang Jarang Diketahui!

Transisi:

Manfaat kencur untuk wanita tidak hanya didukung oleh pengalaman pribadi dan studi kasus, tetapi juga oleh bukti ilmiah yang kuat. Di bagian selanjutnya, kita akan menggali lebih dalam penelitian ilmiah dan studi klinis yang telah membuktikan efektivitas dan potensi transformatif manfaat kencur untuk wanita.

< dan Studi Kunci

Kencur untuk Wanita

Dalam perjalanan mencari bukti scientific untuk mendukung khasiat kencur bagi wanita beberapa studi dan laporan kasus telah menunjukan hasil yang positif dan menjanjikkan Penelitian ini memberi perspektif obyektif mengenai dasar empiris yang melatarbelakangi klaim tentang berbagai khasiat kencur untuk wanita

Analsisa Studi Kunci

Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Ethnopharmacology mengemukakan bahwa ekstraksi kunir memiliki efek positif dalam meringankan nyeri haid pada remaja puteri Studi ini menemukan bahwa mengonsumsi kapusil kunir selama periode menstruasi dapat meredahkan kontraksi uterus yang kerap menjadi pemicu rasa nyeriStudi lain yang dimuat dalam “The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa asupan suplemen kunir mampu memperbaiki ketidaksuburan wanita dengan cara meningkatkan tingkat progesteron dan estradiolde dalam tubuh Para periset menyimpulkan bahwa kandungan fitokimia dalam kunir bekerja dengan baik dalam menyeimbangkan hormon reproduksi wanita sehingga mendukung peningkatan kesuburanSelain itu studi kohort prospektif yang dilakukan di Prancis melaporkan bahwa konsumsi kunir secar rutin selama kehamilan mampuk menghambat terjadinya preeklamsia dan eklamsia pada ibu hamil serta membantu memperlancar proses persalinan tanpa induksi medis

Perbedaan Pandangan

Di tengah berbagai penelitian yang mendukung khasiat kencur bagi wanita ada sebagian kecil peneliti yang menyuarakan pandangan yang lebih konservatif Mereka menekankan bahwa tidak semua kondisi medis dapat diatasi sepenuhnya dengan terapi herbal dan dalam kasus tertentu tindakan medis mungkin menjadi pilihan yang lebih baikMeski demikian mayoritas hasil penelitian dan pengalaman klinis telah menunjukkan bahwa penggunaan kunir sebagai terapi komplementer atau adjuvan dapat memberikan hasil yang optimal pada beragam kondisi kesehatan reproduksi wanita

Dorongan Kritis

Dengan berbagai bukti scientific yang menguat kan khasiat kencur untuk wanita masyarakat diimbau untuk tidak hanya menerima informasi secara pasif namun juga secara kritis mengevaluasi temuan penelitian dan berkontribusi pada perluasan basis data melalui partisipsi dalam studi klinis dan riset lebih lanjutPeran aktif dalam menggali khasiat kencur dan memantau lebih dekat cara penggunaannya akan membantu kita memaksimalkan keuntungan dari pengobatan herbal ini untuk kesehatan wanita di masa depan

Transisi dari Bukti Ilmiyah ke Memaksimalkan Manfaat

Setelah menilik sederat bukti keberhasilan dan mengkaji beragam perspektif kini saatnya beranjak ke ranah yang lebih personal Memaksimalkan Manfaat Kencur untuk Wanita bukan hanya soal mengadopsi ilmu kesehatan secara pasif namun tentang bagaimana secara proaktif menerapkannya dalam gaya hidup agar kualitas hidup pribadi maupun kolektif wanita meningkatlangkah strategis yang perlu kita ambil meliputi memiilih bahan baku yang tepat mengetahui metode pengunaan yang optimal serta strategi integrasi dengan kebiasaan dan pola hidup untuk mendapatkan efek yang maksimal dari kencur

Memaksimalkan Manfaat Kencur untuk Wanita

Setelah memahami manfaat luar biasa kencur untuk wanita, kini saatnya mencari tahu cara memaksimalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ikuti tips dan saran berikut ini:

1. Pilih Bahan Baku Berkualitas

Kualitas kencur yang Anda gunakan sangat memengaruhi manfaat yang akan diperoleh. Pilih kencur segar, bersih, dan tidak busuk. Hindari kencur yang sudah layu atau berwarna pucat.

2. Ketahui Metode Penggunaan yang Tepat

Kencur dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti segar, kering, bubuk, atau minyak. Sesuaikan metode penggunaan dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengatasi masalah kewanitaan, Anda dapat mengonsumsi kencur dalam bentuk jus atau rebusan.

3. Integrasikan dengan Kebiasaan Sehat

Untuk mendapatkan manfaat kencur secara maksimal, integrasikan dengan kebiasaan sehat lainnya. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan kesuburan, kombinasikan konsumsi kencur dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

4. Tetapkan Tujuan Realistis

Jangan mengharapkan hasil yang instan. Tetapkan tujuan realistis dan jangan mudah menyerah. Misalnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan berharap bisa langsung turun 10 kilogram dalam seminggu. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk beradaptasi dan menunjukkan perubahan.

5. Bersikap Konsisten

Kunci untuk mendapatkan manfaat kencur secara maksimal adalah konsistensi. Konsumsi kencur secara rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan lupa untuk memantau perkembangan kondisi Anda dan melakukan evaluasi secara berkala.

6. Personalisasi Pendekatan Anda

Setiap wanita memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mempersonalisasi pendekatan Anda dalam mengonsumsi kencur. Sesuaikan dosis dan metode penggunaan dengan kondisi kesehatan Anda. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kencur.

Baca Juga :  Manfaat Sunscreen Wardah yang Perlu Diketahui untuk Kulit Sehat dan Terlindungi

Transisi ke Tutorial/Latihan Praktik:

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memaksimalkan manfaat kencur untuk wanita, saatnya mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat jus kencur yang menyegarkan dan bermanfaat:

  1. Cuci bersih 1 rimpang kencur, lalu kupas kulitnya.
  2. Parut kencur hingga halus.
  3. Masukkan parutan kencur ke dalam blender, tambahkan 1 gelas air matang, dan 1 sendok makan madu.
  4. Blender hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Tuang jus kencur ke dalam gelas dan sajikan.

Anda dapat mengonsumsi jus kencur ini secara rutin untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan Anda.

Tutorial

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat masker kencur untuk mencerahkan kulit. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit dan dapat membantu mengatasi masalah kulit kusam, flek hitam, dan bekas jerawat.

Langkah-Langkah:1. Siapkan Bahan-Bahan– 1 ruas kencur, cuci bersih dan parut halus- 2 sendok makan yogurt tawar- 1 sendok makan madu2. Campurkan Bahan-Bahan– Dalam mangkuk kecil, campurkan parutan kencur, yogurt, dan madu hingga rata.3. Aplikasikan Masker– Bersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih yang lembut dan keringkan.- Oleskan masker kencur ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir.- Diamkan masker selama 15-20 menit.4. Bilas Masker– Setelah 15-20 menit, bilas masker dengan air hangat hingga bersih.- Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering.5. Gunakan Pelembap– Setelah menggunakan masker, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit Anda.Tips untuk Sukses:– Untuk hasil terbaik, gunakan masker kencur 1-2 kali seminggu.- Jangan gunakan masker kencur pada kulit yang sedang mengalami iritasi atau luka.- Jika Anda memiliki kulit sensitif, lakukan tes alergi sebelum menggunakan masker kencur.Berbagi Pengalaman dan Hasil:Setelah mencoba tutorial ini, jangan lupa bagikan pengalaman dan hasil Anda di kolom komentar. Bantu sesama pembaca dengan berbagi tips dan trik yang berhasil untuk Anda. Bersama-sama, kita dapat menciptakan komunitas yang saling mendukung dan belajar dari satu sama lain.

Transisi ke Bagian Tanya Jawab:Setelah mempraktikkan tutorial membuat masker kencur, mungkin Anda masih memiliki pertanyaan atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat kencur untuk wanita. Di bagian Tanya Jawab berikutnya, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan topik ini. Mari kita gali lebih dalam dan tuntaskan rasa ingin tahu Anda!

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Di bagian ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan “manfaat kencur untuk wanita”.

1. Apa saja manfaat kencur untuk wanita?

Kencur memiliki beragam manfaat untuk wanita, antara lain menjaga kesehatan organ reproduksi, meningkatkan kesuburan, meredakan nyeri haid, mencerahkan dan melembabkan kulit, serta mencegah penuaan dini.

2. Bagaimana cara menggunakan kencur untuk wanita?

Kencur dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti dikonsumsi langsung, dibuat jus atau teh, digunakan sebagai bumbu dapur, atau diolah menjadi masker kecantikan.

3. Apa saja tantangan dalam menggunakan kencur untuk wanita?

Beberapa tantangan dalam menggunakan kencur untuk wanita antara lain bau yang menyengat, rasa yang pahit, dan potensi efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

4. Apakah ada efek samping dari penggunaan kencur untuk wanita?

Efek samping dari penggunaan kencur untuk wanita umumnya ringan dan jarang terjadi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami mual, muntah, diare, atau reaksi alergi.

5. Apa saja mitos atau kesalahpahaman tentang “manfaat kencur untuk wanita”?

Beberapa mitos atau kesalahpahaman tentang “manfaat kencur untuk wanita” antara lain kencur dapat menyembuhkan semua penyakit, kencur dapat menyebabkan keguguran, dan kencur dapat meningkatkan risiko kanker.

Informasi Lebih Lanjut:

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang “manfaat kencur untuk wanita”, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email atau telepon. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Demikian pembahasan kita tentang “manfaat kencur untuk wanita”. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Dengan mengonsumsi kencur secara rutin dan menggunakannya dengan tepat, Anda dapat merasakan berbagai manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Jangan lupa untuk terus mencari informasi dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan bahwa penggunaan kencur aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Kesimpulan

Kencur merupakan rempah alami yang menyimpan beragam manfaat luar biasa bagi wanita, mulai dari menjaga kesehatan organ reproduksi hingga meningkatkan kecantikan kulit. Dengan mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari, wanita dapat merasakan berbagai manfaat kencur, seperti:

  • Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita
  • Meningkatkan kesuburan wanita
  • Meredakan nyeri haid
  • Mencerahkan dan melembabkan kulit
  • Mencegah penuaan dini

Jangan ragu untuk memulai menerapkan tips dan strategi yang telah dibahas dalam artikel ini. Dengan konsistensi dan kesabaran, Anda akan merasakan perubahan positif pada kesehatan dan kecantikan Anda.

Kencur adalah sahabat setia wanita yang siap mendukung Anda dalam meraih kesehatan optimal dan kecantikan alami. Rangkullah peluang yang ditawarkan oleh kencur dan rasakan manfaat luar biasa yang dimilikinya.

Jadilah wanita yang sehat dan cantik dengan memanfaatkan “manfaat kencur untuk wanita”. Mulailah perjalanan Anda menuju kesehatan dan kecantikan alami hari ini juga!


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.