Temukan 7 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah yang Wajib Diketahui

Nita Anggraini


Temukan 7 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah yang Wajib Diketahui

Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah: Menumbuhkan Toleransi dan Saling Pengertian

Keberagaman di lingkungan sekolah merupakan keberadaan siswa dan staf dari berbagai latar belakang, termasuk ras, etnis, budaya, agama, dan kemampuan. Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah sangatlah luas, salah satunya adalah menumbuhkan toleransi dan saling pengertian antar siswa.

Dengan adanya keberagaman, siswa dapat belajar untuk menghargai perbedaan dan memahami bahwa setiap orang memiliki perspektif dan pengalaman yang berbeda. Hal ini dapat membantu mereka untuk menjadi lebih toleran dan pengertian terhadap orang lain, serta mengurangi prasangka dan diskriminasi.

Selain itu, keberagaman di lingkungan sekolah juga dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia kerja yang semakin global, di mana mereka akan bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, dan bagaimana hal ini dapat memberikan dampak positif pada kehidupan sehari-hari siswa.

Manfaat Utama keberagaman di lingkungan sekolah

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama keberagaman di lingkungan sekolah:

1. Menumbuhkan toleransi dan saling pengertian

Keberagaman di lingkungan sekolah dapat membantu siswa untuk belajar menghargai perbedaan dan memahami bahwa setiap orang memiliki perspektif dan pengalaman yang berbeda. Hal ini dapat membantu mereka untuk menjadi lebih toleran dan pengertian terhadap orang lain, serta mengurangi prasangka dan diskriminasi.

2. Mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang semakin global

Dengan adanya keberagaman di lingkungan sekolah, siswa dapat belajar untuk bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Hal ini dapat membantu mereka untuk menjadi lebih adaptif dan fleksibel, serta lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin global.

3. Meningkatkan prestasi akademis

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas California, Los Angeles menemukan bahwa siswa yang bersekolah di sekolah yang beragam cenderung memiliki prestasi akademis yang lebih tinggi daripada siswa yang bersekolah di sekolah yang tidak beragam. Hal ini diduga karena siswa yang bersekolah di sekolah yang beragam lebih termotivasi untuk belajar dan lebih sering terlibat dalam kegiatan akademis.

Cara mengintegrasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari:

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengintegrasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda

Guru dan orang tua dapat mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda melalui kegiatan-kegiatan seperti kerja kelompok, proyek bersama, dan kegiatan ekstrakurikuler.

2. Mengajarkan siswa tentang keberagaman

Guru dapat mengajarkan siswa tentang keberagaman melalui mata pelajaran seperti sejarah, geografi, dan IPS. Mereka juga dapat menggunakan buku-buku, film, dan video untuk membantu siswa belajar tentang budaya dan perspektif yang berbeda.

3. Menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif

Sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dengan menyediakan berbagai layanan dan dukungan untuk siswa dari latar belakang yang berbeda. Misalnya, sekolah dapat menyediakan layanan penerjemahan, konseling, dan dukungan akademis untuk siswa yang berasal dari keluarga imigran atau siswa yang memiliki kesulitan belajar.

Tips atau praktik terbaik untuk memaksimalkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

Berikut ini adalah beberapa tips atau praktik terbaik untuk memaksimalkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

1. Libatkan seluruh komunitas sekolah

Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan beragam, penting untuk melibatkan seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, orang tua, dan staf sekolah.

2. Ciptakan kurikulum yang inklusif

Kurikulum sekolah harus inklusif dan mencerminkan keberagaman siswa di sekolah. Kurikulum harus mencakup sejarah, budaya, dan perspektif dari berbagai kelompok masyarakat.

3. Berikan pelatihan kepada guru dan staf sekolah

Guru dan staf sekolah harus diberikan pelatihan tentang keberagaman dan inklusi. Pelatihan ini dapat membantu mereka untuk memahami pentingnya keberagaman dan bagaimana menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif.

4. Pantau kemajuan siswa

Sekolah harus memantau kemajuan siswa dari berbagai latar belakang untuk memastikan bahwa mereka semua memiliki kesempatan untuk berhasil.

Mengatasi pertanyaan umum atau kesalahpahaman tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum atau kesalahpahaman tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

1. Apakah keberagaman di lingkungan sekolah dapat menyebabkan konflik?

Keberagaman di lingkungan sekolah tidak selalu menyebabkan konflik. Namun, jika keberagaman tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan konflik. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai perbedaan.

Baca Juga :  Manfaat Becom C yang Jarang Diketahui: 7 Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan Anda

2. Apakah keberagaman di lingkungan sekolah dapat menurunkan prestasi akademis?

Keberagaman di lingkungan sekolah tidak menurunkan prestasi akademis. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa keberagaman di lingkungan sekolah dapat meningkatkan prestasi akademis siswa.

3. Apakah keberagaman di lingkungan sekolah dapat menyebabkan diskriminasi?

Keberagaman di lingkungan sekolah tidak menyebabkan diskriminasi. Sebaliknya, keberagaman di lingkungan sekolah dapat membantu untuk mengurangi diskriminasi. Hal ini karena siswa yang bersekolah di sekolah yang beragam lebih cenderung untuk memahami dan menghargai perbedaan.

Dengan memahami manfaat keberagaman di lingkungan sekolah dan menerapkan praktik-praktik terbaik untuk memaksimalkannya, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai perbedaan, serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berhasil.

Mengintegrasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari

Untuk mengintegrasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa langkah praktis yang dapat dilakukan:

1. Mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda

Guru dan orang tua dapat mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda melalui kegiatan-kegiatan seperti kerja kelompok, proyek bersama, dan kegiatan ekstrakurikuler. Misalnya, di SMP Negeri 1 Surabaya, siswa dari berbagai latar belakang agama dan budaya bekerja sama untuk membuat proyek seni yang menggambarkan keberagaman budaya di Indonesia.

2. Mengajarkan siswa tentang keberagaman

Guru dapat mengajarkan siswa tentang keberagaman melalui mata pelajaran seperti sejarah, geografi, dan IPS. Misalnya, di SMA Negeri 2 Bandung, siswa belajar tentang sejarah dan budaya berbagai kelompok masyarakat di Indonesia melalui kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan menarik.

3. Menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif

Sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dengan menyediakan berbagai layanan dan dukungan untuk siswa dari latar belakang yang berbeda. Misalnya, di SD Negeri 3 Jakarta, sekolah menyediakan layanan penerjemahan dan konseling untuk siswa yang berasal dari keluarga imigran.

Mengatasi tantangan umum dalam mengimplementasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah

Dalam mengimplementasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, ada beberapa tantangan umum yang mungkin dihadapi, antara lain:

1. Kurangnya dukungan dari pimpinan sekolah dan guru

Untuk mengatasi tantangan ini, penting untuk mendapatkan dukungan dari pimpinan sekolah dan guru. Pimpinan sekolah dan guru harus memahami pentingnya keberagaman dan inklusi, serta bersedia untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif.

2. Prasangka dan diskriminasi

Untuk mengatasi tantangan ini, perlu dilakukan edukasi tentang keberagaman dan inklusi kepada seluruh komunitas sekolah. Siswa, guru, dan orang tua harus diajarkan tentang pentingnya menghargai perbedaan dan menolak prasangka dan diskriminasi.

3. Kurangnya sumber daya

Untuk mengatasi tantangan ini, sekolah dapat mencari dukungan dari pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat. Sekolah juga dapat melakukan fundraising untuk mendapatkan dana tambahan.

Jangan takut untuk memulai

Jangan takut untuk memulai mengintegrasikan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda atau mengajarkan siswa tentang keberagaman. Setiap langkah kecil yang Anda ambil akan membuat perbedaan besar dalam menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai perbedaan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berikut ini adalah beberapa bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

1. Studi kasus: Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Yogyakarta

SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki keberagaman siswa yang tinggi. Siswa di sekolah ini berasal dari berbagai latar belakang agama, budaya, dan ekonomi. Sebuah studi kasus yang dilakukan di sekolah ini menemukan bahwa keberagaman siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta memiliki dampak positif terhadap prestasi akademis siswa. Siswa yang bersekolah di sekolah ini memiliki nilai ujian nasional yang lebih tinggi daripada siswa yang bersekolah di sekolah yang tidak beragam.

2. Penelitian: American Psychological Association

American Psychological Association menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang bersekolah di sekolah yang beragam memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi, lebih kreatif, dan lebih mampu memecahkan masalah daripada siswa yang bersekolah di sekolah yang tidak beragam. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa yang bersekolah di sekolah yang beragam lebih toleran terhadap perbedaan dan lebih menghargai orang lain.

3. Debat dan sudut pandang yang berbeda

Ada beberapa perdebatan dan sudut pandang yang berbeda mengenai manfaat keberagaman di lingkungan sekolah. Beberapa orang berpendapat bahwa keberagaman di lingkungan sekolah dapat menyebabkan konflik dan perpecahan. Namun, penelitian yang ada menunjukkan bahwa keberagaman di lingkungan sekolah justru dapat mengurangi konflik dan perpecahan. Keberagaman di lingkungan sekolah dapat membantu siswa untuk belajar menghargai perbedaan dan memahami perspektif orang lain.

Baca Juga :  Manfaat Cimory Yogurt Drink yang Wajib Diketahui untuk Kesehatan Anda

Tantangan penelitian

Meskipun ada banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, masih ada beberapa tantangan dalam penelitian ini. Salah satu tantangannya adalah sulit untuk mengisolasi efek keberagaman dari faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi siswa, seperti kualitas guru dan sumber daya sekolah. Tantangan lainnya adalah penelitian tentang keberagaman di lingkungan sekolah sering dilakukan di negara-negara maju. Masih sedikit penelitian yang dilakukan di negara-negara berkembang.

Mendorong keterlibatan kritis pembaca

Bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa keberagaman di lingkungan sekolah memiliki banyak manfaat bagi siswa. Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian ini masih terbatas. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat keberagaman di lingkungan sekolah dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap manfaat tersebut. Pembaca didorong untuk berpikir kritis tentang bukti yang ada dan untuk mempertimbangkan implikasi yang lebih luas dari mengadopsi keberagaman di lingkungan sekolah.

Memaksimalkan Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Untuk memaksimalkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, ada beberapa tips dan saran praktis yang dapat diterapkan:

1. Ciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai perbedaan

Sekolah harus menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai perbedaan dengan cara:

  • Mengajarkan siswa tentang pentingnya keberagaman dan inklusi
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
  • Menghargai dan menghormati perbedaan budaya dan agama siswa

2. Dorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda

Guru dan orang tua dapat mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda melalui kegiatan-kegiatan seperti:

  • Kerja kelompok
  • Proyek bersama
  • Kegiatan ekstrakurikuler

3. Gunakan keberagaman sebagai sumber belajar

Keberagaman di lingkungan sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar yang kaya. Guru dapat menggunakan keberagaman siswa untuk mengajarkan tentang berbagai budaya, agama, dan perspektif.

4. Libatkan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan sekolah

Orang tua dan masyarakat dapat dilibatkan dalam kegiatan sekolah untuk mendukung keberagaman di lingkungan sekolah. Orang tua dan masyarakat dapat membantu sekolah dalam:

  • Mengajarkan siswa tentang budaya dan agama mereka
  • Memberikan dukungan kepada siswa dari latar belakang yang berbeda
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif

5. Pantau dan evaluasi keberhasilan program keberagaman sekolah

Sekolah harus memantau dan mengevaluasi keberhasilan program keberagaman sekolah untuk memastikan bahwa program tersebut berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat yang nyata bagi siswa.

Dengan menerapkan tips dan saran praktis ini, sekolah dapat memaksimalkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menghargai perbedaan.

Transisi ke Bagian Tutorial/Latihan Praktik:

Setelah memahami manfaat keberagaman di lingkungan sekolah dan tips untuk memaksimalkannya, sekarang saatnya untuk mempraktikkannya secara langsung. Pada bagian tutorial/latihan praktik, Anda akan dipandu langkah demi langkah untuk menerapkan keberagaman di lingkungan sekolah dan merasakan manfaatnya secara nyata. Mari kita mulai perjalanan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai perbedaan bersama!

Tutorial atau Latihan Praktik

Tujuan Tutorial:

Tutorial ini bertujuan untuk memberikan panduan langkah demi langkah dalam menerapkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah. Melalui tutorial ini, Anda akan belajar cara menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, menghargai perbedaan, dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berkembang dan berhasil.

Langkah 1: Ciptakan Lingkungan yang Inklusif dan Menghargai Perbedaan

1. Mulailah dengan melakukan asesmen terhadap lingkungan sekolah Anda saat ini. Identifikasi area-area yang perlu diperbaiki untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan menghargai perbedaan.2. Kembangkan kebijakan dan prosedur yang mendukung keberagaman di lingkungan sekolah. Misalnya, kebijakan anti-diskriminasi dan kebijakan untuk mendukung siswa dari latar belakang yang berbeda.3. Pastikan bahwa semua staf sekolah, termasuk guru, staf administrasi, dan staf pendukung, memahami dan menerapkan kebijakan dan prosedur tersebut secara konsisten.

Langkah 2: Dorong Siswa untuk Berinteraksi dengan Siswa dari Latar Belakang yang Berbeda

1. Ciptakan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda melalui kegiatan-kegiatan seperti kerja kelompok, proyek bersama, dan kegiatan ekstrakurikuler.2. Dorong siswa untuk belajar tentang budaya dan agama yang berbeda dengan cara membaca buku, menonton film, dan mengunjungi tempat-tempat ibadah.3. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi tentang budaya dan agama mereka sendiri dengan teman-teman sekelasnya.

Langkah 3: Gunakan Keberagaman sebagai Sumber Belajar

1. Integrasikan keberagaman ke dalam kurikulum sekolah dengan cara memasukkan materi tentang berbagai budaya, agama, dan perspektif ke dalam pelajaran.2. Gunakan keberagaman siswa sebagai sumber belajar dengan cara meminta siswa untuk berbagi tentang pengalaman dan perspektif mereka dalam diskusi kelas.3. Ciptakan proyek-proyek yang mendorong siswa untuk belajar tentang budaya dan agama yang berbeda, seperti proyek penelitian atau proyek seni.

Langkah 4: Libatkan Orang Tua dan Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah

1. Undang orang tua dan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan sekolah, seperti menjadi sukarelawan, menghadiri acara sekolah, atau menjadi anggota komite sekolah.2. Dorong orang tua dan masyarakat untuk berbagi tentang budaya dan agama mereka dengan siswa di sekolah.3. Libatkan orang tua dan masyarakat dalam pengambilan keputusan tentang kebijakan dan program sekolah.

Langkah 5: Pantau dan Evaluasi Keberhasilan Program Keberagaman Sekolah

1. Tetapkan indikator keberhasilan untuk program keberagaman sekolah Anda. Misalnya, jumlah siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan yang mempromosikan keberagaman, jumlah siswa yang merasa diterima dan dihargai di sekolah, atau jumlah siswa yang menunjukkan sikap toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan.2. Kumpulkan data secara berkala untuk memantau kemajuan program keberagaman sekolah Anda.3. Gunakan data tersebut untuk mengevaluasi keberhasilan program dan untuk membuat perbaikan yang diperlukan.

Kesimpulan Tutorial:

Selamat! Anda telah menyelesaikan tutorial tentang cara menerapkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam tutorial ini, Anda dapat menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, menghargai perbedaan, dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berkembang dan berhasil.

Kami mendorong Anda untuk berbagi pengalaman atau hasil Anda dalam menerapkan manfaat keberagaman di lingkungan sekolah di kolom komentar di bawah ini. Dengan berbagi pengalaman dan hasil, kita dapat belajar dari satu sama lain dan bersama-sama menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik bagi semua siswa.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa saja manfaat keberagaman di lingkungan sekolah?

Keberagaman di lingkungan sekolah memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Menumbuhkan toleransi dan saling pengertian
  • Mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang semakin global
  • Meningkatkan prestasi akademis siswa
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inklusif dan menghargai perbedaan

Bagaimana cara menerapkan keberagaman di lingkungan sekolah?

Ada beberapa cara untuk menerapkan keberagaman di lingkungan sekolah, di antaranya:

  • Mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda
  • Mengajarkan siswa tentang keberagaman
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif
  • Melibatkan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan sekolah

Apa saja tantangan dalam menerapkan keberagaman di lingkungan sekolah?

Ada beberapa tantangan dalam menerapkan keberagaman di lingkungan sekolah, di antaranya:

  • Kurangnya dukungan dari pimpinan sekolah dan guru
  • Prasangka dan diskriminasi
  • Kurangnya sumber daya

Apa saja kesalahpahaman tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah?

Ada beberapa kesalahpahaman tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, di antaranya:

  • Keberagaman di lingkungan sekolah dapat menyebabkan konflik
  • Keberagaman di lingkungan sekolah dapat menurunkan prestasi akademis
  • Keberagaman di lingkungan sekolah dapat menyebabkan diskriminasi

Bagaimana cara mendapatkan informasi lebih lanjut tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah?

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, Anda dapat mengunjungi situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau menghubungi lembaga penelitian pendidikan di daerah Anda.

Kami harap informasi ini bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan kami.

Dengan memahami manfaat keberagaman di lingkungan sekolah dan menerapkan praktik-praktik terbaik untuk memaksimalkannya, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai perbedaan, serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berhasil.

Kesimpulan

Keberagaman di lingkungan sekolah memiliki banyak manfaat, mulai dari menumbuhkan toleransi dan saling pengertian hingga mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang semakin global. Untuk memaksimalkan manfaat ini, penting untuk mengintegrasikan “manfaat keberagaman di lingkungan sekolah” ke dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menerapkan tips dan strategi yang telah dibahas, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai perbedaan. Hal ini akan memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berkembang dan berhasil. Selain itu, siswa juga akan terbiasa hidup berdampingan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, yang akan memperkaya pengalaman hidup mereka dan memperluas wawasan mereka.

Jangan takut untuk memulai! Mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda atau mengajarkan siswa tentang keberagaman. Setiap langkah kecil yang Anda ambil akan membuat perbedaan besar dalam menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai perbedaan.

Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai perbedaan. Dengan begitu, kita dapat mempersiapkan siswa untuk masa depan yang lebih baik dan menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan toleran.


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.