Bongkar 7 Manfaat Gotong Royong yang Jarang Diketahui, Kunci Sukses Hidup Harmonis!

Nita Anggraini


Bongkar 7 Manfaat Gotong Royong yang Jarang Diketahui, Kunci Sukses Hidup Harmonis!

Manfaat Gotong Royong: Kekuatan Persatuan dan Saling Bantu untuk Kemajuan Bersama

Gotong royong adalah tradisi kerja sama dan saling membantu yang telah lama menjadi bagian dari budaya Indonesia. Manfaat gotong royong sangatlah luas, mulai dari mempererat hubungan sosial hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu manfaat gotong royong yang paling nyata adalah terwujudnya pembangunan infrastruktur desa yang lebih cepat dan berkualitas. Dengan gotong royong, masyarakat dapat membangun jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya secara bersama-sama, sehingga biaya pembangunan dapat ditekan dan kualitas pekerjaan pun terjamin.

Selain itu, gotong royong juga sangat efektif dalam mengatasi masalah-masalah sosial seperti kemiskinan dan kesenjangan. Dengan gotong royong, masyarakat dapat saling membantu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mengatasi kesulitan ekonomi. Gotong royong juga dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan sosial dan membangun rasa solidaritas antar warga masyarakat.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas lebih dalam berbagai manfaat gotong royong, mulai dari dampaknya terhadap pembangunan infrastruktur desa hingga perannya dalam mengatasi masalah-masalah sosial. Kami akan menyajikan informasi yang komprehensif dan menarik untuk membantu Anda memahami pentingnya gotong royong bagi kemajuan bersama.

Mari kita lanjutkan perjalanan kita untuk mengeksplorasi manfaat gotong royong secara lebih mendalam. Dalam bagian selanjutnya, kita akan membahas bagaimana gotong royong dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempererat hubungan sosial. Jangan lewatkan pembahasan yang menarik ini!

Manfaat Utama Gotong Royong

Gotong royong memiliki banyak manfaat, baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama gotong royong yang didukung oleh penelitian dan contoh nyata:

  • Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat: Gotong royong dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan akses yang lebih baik terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan infrastruktur. Misalnya, di beberapa desa di Indonesia, masyarakat bergotong royong membangun sekolah dan puskesmas untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.
  • Mempererat Hubungan Sosial: Gotong royong dapat mempererat hubungan sosial antar warga masyarakat. Ketika orang-orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, mereka akan lebih mengenal dan memahami satu sama lain. Hal ini dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan membangun rasa solidaritas yang kuat.
  • Meningkatkan Produktivitas: Gotong royong dapat meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan masyarakat untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien. Misalnya, ketika masyarakat bergotong royong untuk membangun jalan, pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat daripada jika mereka bekerja sendiri-sendiri.

Cara Mengintegrasikan Manfaat Gotong Royong ke dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Berpartisipasilah dalam Kegiatan Gotong Royong: Salah satu cara terbaik untuk mengintegrasikan manfaat gotong royong ke dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar. Ini bisa berupa kerja bakti membersihkan lingkungan, membangun fasilitas umum, atau membantu tetangga yang membutuhkan.
  • Mendorong Gotong Royong di Tempat Kerja: Gotong royong tidak hanya terbatas pada lingkungan tempat tinggal. Anda juga dapat mendorong gotong royong di tempat kerja. Misalnya, Anda dapat bekerja sama dengan rekan kerja untuk menyelesaikan proyek lebih cepat atau membantu rekan kerja yang sedang kesulitan.
  • Ajarkan Gotong Royong kepada Anak-anak: Gotong royong adalah nilai yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Anda dapat mengajarkan gotong royong kepada anak-anak dengan melibatkan mereka dalam kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar atau di sekolah.

Tips untuk Memaksimalkan Manfaat Gotong Royong:

  • Bangun Rasa Percaya: Kunci untuk memaksimalkan manfaat gotong royong adalah membangun rasa percaya di antara anggota masyarakat. Ketika orang-orang saling percaya, mereka akan lebih bersedia bekerja sama dan saling membantu.
  • Tetapkan Tujuan yang Jelas: Sebelum memulai kegiatan gotong royong, pastikan untuk menetapkan tujuan yang jelas dan terukur. Ini akan membantu masyarakat untuk fokus dan bekerja sama secara efektif.
  • Libatkan Semua Pihak: Gotong royong harus melibatkan semua pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan masyarakat. Dengan melibatkan semua pihak, kegiatan gotong royong akan lebih efektif dan berkelanjutan.

Menjawab Pertanyaan dan Kesalahpahaman Umum tentang Gotong Royong:

  • Gotong Royong Bukan Hanya untuk Masyarakat Pedesaan: Gotong royong tidak hanya terbatas pada masyarakat pedesaan. Gotong royong juga dapat diterapkan di masyarakat perkotaan. Bahkan, di beberapa kota besar, gotong royong justru menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah-masalah sosial.
  • Gotong Royong Bukan Berarti Membebani Masyarakat: Gotong royong bukanlah berarti membebani masyarakat dengan kewajiban yang berat. Gotong royong harus dilakukan secara sukarela dan berdasarkan rasa tanggung jawab bersama.

Dengan memahami manfaat gotong royong dan mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, produktif, dan harmonis.

Mari kita lanjutkan perjalanan kita untuk mengeksplorasi manfaat gotong royong lebih dalam. Di bagian selanjutnya, kita akan membahas bagaimana gotong royong dapat mengatasi masalah-masalah sosial dan membangun masyarakat yang lebih inklusif. Jangan lewatkan pembahasan yang menarik ini!

Integrating manfaat gotong royong into Daily Life

Integrating the benefits of gotong royong into daily life is not only possible but also highly rewarding. Here are some practical steps and real-world applications to help you get started:

  • Organize Regular Clean-up Drives: Organize regular clean-up drives in your neighborhood or community. This is a great way to improve the environment and foster a sense of collective responsibility.
  • Initiate Community Projects: Identify community projects that can benefit everyone, such as building a playground or repairing a local road. Work together with your neighbors to plan and execute these projects.
  • Support Local Businesses: Support local businesses by shopping and dining locally. This helps to keep money within the community and creates a sense of economic interdependence.
Baca Juga :  Manfaat Buah Delima Merah: 5 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui

Case Studies and Examples of Positive Impact:

  • Gotong Royong in Post-Disaster Recovery: In the aftermath of natural disasters, communities often come together to help each other rebuild and recover. This spirit of gotong royong has been witnessed in many parts of Indonesia, such as after the 2004 Indian Ocean earthquake and tsunami.
  • Gotong Royong in Education: In some villages, communities have come together to build schools and provide education for their children. This has resulted in increased literacy rates and improved access to education for all.
  • Gotong Royong in Healthcare: In some communities, residents have pooled their resources to establish community health centers and provide affordable healthcare services to those in need.

Overcoming Challenges in Implementing Gotong Royong:

  • Lack of Time: One challenge in implementing gotong royong is the lack of time, especially in urban areas where people have busy schedules. To overcome this, it is important to find ways to make gotong royong activities more convenient and accessible.
  • Lack of Awareness: Another challenge is the lack of awareness about the benefits of gotong royong. To address this, it is important to educate people about the positive impact that gotong royong can have on their lives and communities.
  • Lack of Leadership: In some cases, there may be a lack of leadership to organize and coordinate gotong royong activities. To overcome this, it is important to identify andcommunity leaders who are passionate about gotong royong and willing to take on leadership roles.

Take the First Step:

Incorporating the benefits of gotong royong into your daily life is easier than you think. Start by taking small steps, such as participating in a community clean-up drive or volunteering at a local organization. As you become more involved in gotong royong activities, you will begin to see the positive impact it has on your life and community. So, take the first step today and experience the transformative power of gotong royong!

In the next section, we will explore the scientific evidence and case studies that support the effectiveness of gotong royong. We will also discuss how gotong royong can be used to address various social and economic challenges. Stay tuned for this fascinating exploration!

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat gotong royong telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Robert Putnam dari Harvard University. Dalam penelitiannya, Dr. Putnam menemukan bahwa masyarakat yang memiliki tingkat gotong royong yang tinggi cenderung lebih sejahtera, lebih produktif, dan memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah.

Studi lain yang mendukung manfaat gotong royong adalah penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia. Dalam penelitiannya, Bank Dunia menemukan bahwa negara-negara yang memiliki tingkat gotong royong yang tinggi cenderung memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan tingkat kemiskinan yang lebih rendah.

Selain penelitian ilmiah, manfaat gotong royong juga didukung oleh berbagai studi kasus. Salah satu contohnya adalah studi kasus yang dilakukan di Desa Panglipuran, Bali. Desa Panglipuran dikenal sebagai desa yang memiliki tingkat gotong royong yang sangat tinggi. Masyarakat Desa Panglipuran selalu bekerja sama untuk menjaga kebersihan lingkungan, membangun fasilitas umum, dan membantu warga yang membutuhkan.

Hasilnya, Desa Panglipuran menjadi salah satu desa terbersih dan terindah di Indonesia. Desa Panglipuran juga menjadi tujuan wisata yang populer karena masyarakatnya yang ramah dan gotong royong.

Perdebatan dan Pandangan Kontras

Meskipun manfaat gotong royong telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus, namun ada juga beberapa perdebatan dan pandangan kontras mengenai hal ini. Salah satu perdebatan adalah tentang efektivitas gotong royong dalam masyarakat modern.

Beberapa ahli berpendapat bahwa gotong royong tidak lagi efektif dalam masyarakat modern yang semakin individualistis dan kompetitif. Mereka berpendapat bahwa gotong royong lebih cocok diterapkan di masyarakat tradisional yang masih memiliki ikatan kekerabatan yang kuat.

Baca Juga :  Manfaat Nitrokaf dan Efek Sampingnya: 7 Rahasia Kesehatan yang Jarang Diketahui

Namun, ada juga ahli yang berpendapat bahwa gotong royong justru semakin penting di masyarakat modern. Mereka berpendapat bahwa gotong royong dapat membantu masyarakat untuk mengatasi berbagai tantangan yang muncul di masyarakat modern, seperti kesenjangan sosial, kemiskinan, dan kerusakan lingkungan.

Dorongan untuk Keterlibatan Kritis dengan Bukti

Perdebatan dan pandangan kontras mengenai manfaat gotong royong menunjukkan bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami secara lebih mendalam manfaat gotong royong dan bagaimana gotong royong dapat diterapkan secara efektif di masyarakat modern.

Namun, terlepas dari perdebatan tersebut, bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa gotong royong memiliki banyak manfaat yang positif bagi individu dan masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu mendorong masyarakat untuk lebih terlibat secara kritis dengan bukti-bukti tersebut dan mempertimbangkan untuk mengadopsi nilai-nilai gotong royong ke dalam kehidupan sehari-hari.

Di bagian selanjutnya, kita akan membahas bagaimana memaksimalkan manfaat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan membahas berbagai strategi dan tips yang dapat membantu kita untuk meningkatkan rasa gotong royong di lingkungan sekitar kita dan merasakan manfaat-manfaat positifnya secara langsung.

Memaksimalkan Manfaat Gotong Royong

Setelah memahami manfaat gotong royong, sekarang saatnya untuk membahas bagaimana kita dapat memaksimalkan manfaat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips dan saran praktis:

  • Mulailah dari Hal-hal Kecil: Jangan merasa terbebani untuk langsung melakukan proyek gotong royong yang besar. Mulailah dari hal-hal kecil yang mudah dilakukan, seperti membersihkan lingkungan sekitar rumah atau membantu tetangga yang membutuhkan.
  • Libatkan Seluruh Anggota Keluarga: Ajak seluruh anggota keluarga untuk terlibat dalam kegiatan gotong royong. Ini akan mempererat hubungan keluarga dan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya bekerja sama.
  • Gunakan Media Sosial: Manfaatkan media sosial untuk mengajak lebih banyak orang terlibat dalam kegiatan gotong royong. Buat grup atau halaman khusus untuk membahas kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar.

Strategi untuk Menggabungkan Gotong Royong ke dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Buat Jadwal Gotong Royong: Tetapkan jadwal gotong royong secara berkala, misalnya setiap minggu atau setiap bulan. Ini akan membantu memastikan bahwa kegiatan gotong royong dilakukan secara konsisten.
  • Pilih Jenis Kegiatan yang Tepat: Pilih jenis kegiatan gotong royong yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat sekitar. Misalnya, jika lingkungan sekitar rawan banjir, maka kegiatan gotong royong dapat berupa membersihkan saluran air.
  • Bersikap Fleksibel dan Adaptif: Bersikaplah fleksibel dan adaptif dalam melaksanakan kegiatan gotong royong. Jika ada kendala, jangan memaksakan diri. Sesuaikan kegiatan gotong royong dengan kondisi dan situasi yang ada.

Praktik Terbaik untuk Keterlibatan Jangka Panjang:

  • Bangun Rasa Percaya: Kunci untuk keterlibatan jangka panjang dalam gotong royong adalah dengan membangun rasa percaya di antara anggota masyarakat. Ini dapat dilakukan dengan bersikap terbuka, jujur, dan bertanggung jawab.
  • Berikan Apresiasi: Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah terlibat dalam kegiatan gotong royong. Ini akan memotivasi mereka untuk terus berpartisipasi.
  • Manfaatkan Teknologi: Manfaatkan teknologi untuk mendukung kegiatan gotong royong. Misalnya, gunakan aplikasi untuk mengelola jadwal gotong royong atau untuk berkomunikasi dengan anggota masyarakat.

Personalisasi Pendekatan Anda:

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menjalankan gotong royong. Jangan takut untuk mempersonalisasi pendekatan Anda. Sesuaikan dengan gaya dan kemampuan Anda sendiri. Yang terpenting adalah Anda tetap konsisten dan terus berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong.

Di bagian selanjutnya, kita akan beralih dari teori ke praktik. Kita akan membahas langkah-langkah konkret yang dapat Anda ambil untuk menerapkan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga akan membahas beberapa contoh nyata tentang bagaimana gotong royong telah berhasil diterapkan di berbagai komunitas.

Tutorial atau Latihan Praktik

Sekarang setelah Anda mempelajari manfaat dan penerapan praktis “manfaat gotong royong”, bagian ini akan memandu Anda melalui tutorial langkah demi langkah atau latihan praktik untuk menerapkan “manfaat gotong royong” dalam skenario dunia nyata (200-300 kata). Jelaskan tujuan tutorial, berikan panduan langkah demi langkah yang terperinci dan dapat ditindaklanjuti, dan sertakan tips untuk keberhasilan atau memecahkan masalah umum (masing-masing langkah 100-150 kata).

  • Langkah 1: Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Daya:Mulailah dengan mengidentifikasi kebutuhan dan sumber daya yang tersedia di lingkungan sekitar Anda. Apa saja masalah atau tantangan yang dihadapi oleh masyarakat? Apa saja keterampilan dan bakat yang dimiliki oleh anggota masyarakat?
  • Langkah 2: Bangun Rasa Kepercayaan dan Komunikasi:Kunci dari gotong royong yang sukses adalah rasa percaya dan komunikasi yang baik antar anggota masyarakat. Ciptakan ruang untuk dialog dan diskusi terbuka, dengarkan masukan dari semua pihak, dan bangun hubungan yang positif.
  • Langkah 3: Tetapkan Tujuan dan Sasaran yang Jelas:Tentukan tujuan dan sasaran yang jelas untuk kegiatan gotong royong Anda. Apa yang ingin Anda capai? Apakah Anda ingin membersihkan lingkungan, membangun fasilitas umum, atau membantu warga yang membutuhkan? Memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda tetap fokus dan termotivasi.
  • Langkah 4: Libatkan Seluruh Anggota Masyarakat:Gotong royong harus melibatkan seluruh anggota masyarakat, tanpa memandang usia, gender, atau latar belakang. Ajak semua orang untuk berpartisipasi sesuai dengan kemampuan mereka. Semakin banyak orang yang terlibat, semakin besar dampak yang dapat dicapai.
  • Langkah 5: Tetapkan Jadwal dan Lokasi:Tentukan jadwal dan lokasi yang tepat untuk kegiatan gotong royong. Pastikan bahwa jadwal tersebut sesuai dengan waktu luang sebagian besar anggota masyarakat dan lokasi tersebut mudah diakses.
  • Langkah 6: Siapkan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan:Sebelum memulai kegiatan gotong royong, pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan. Ini akan membantu memastikan bahwa kegiatan berjalan lancar dan tidak terkendala.
  • Langkah 7: Lakukan Gotong Royong dengan Semangat dan Kerja Sama:Pada hari pelaksanaan gotong royong, datanglah tepat waktu dan tunjukkan semangat Anda. Bekerja sama dengan anggota masyarakat lainnya dan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.
  • Langkah 8: Rayakan Keberhasilan dan Berikan Penghargaan:Setelah kegiatan gotong royong selesai, jangan lupa untuk merayakan keberhasilan Anda bersama seluruh anggota masyarakat. Berikan penghargaan kepada mereka yang telah berkontribusi secara aktif.
Baca Juga :  Manfaat Nivea Body Serum: 7 Rahasia Kulit Sehat yang Jarang Diketahui

Kesimpulan Tutorial:
Selamat! Anda telah berhasil menerapkan “manfaat gotong royong” dalam kehidupan nyata. Teruslah berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong dan rasakan manfaat positifnya bagi diri Anda dan masyarakat sekitar. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan hasil Anda dengan orang lain untuk menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang sama.

Di bagian selanjutnya, kita akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang “manfaat gotong royong”. Bagian ini akan membantu Anda untuk memahami konsep gotong royong dengan lebih mendalam dan mengatasi tantangan atau keraguan yang mungkin Anda miliki.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang “manfaat gotong royong” beserta jawabannya:

Apa saja manfaat gotong royong?

Gotong royong memiliki banyak manfaat, di antaranya mempererat hubungan sosial, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan produktivitas, dan membangun rasa solidaritas.

Bagaimana cara menerapkan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari?

Anda dapat menerapkan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai cara, misalnya dengan berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti, membantu tetangga yang membutuhkan, atau mendukung usaha-usaha kecil di lingkungan sekitar.

Apa saja tantangan dalam menerapkan gotong royong?

Beberapa tantangan dalam menerapkan gotong royong antara lain kurangnya waktu, kurangnya kesadaran masyarakat, dan kurangnya kepemimpinan. Namun, tantangan-tantangan ini dapat diatasi dengan kerja sama dan komitmen seluruh anggota masyarakat.

Apa saja kesalahpahaman tentang gotong royong?

Beberapa kesalahpahaman tentang gotong royong antara lain gotong royong hanya untuk masyarakat pedesaan, gotong royong membebani masyarakat, dan gotong royong hanya untuk orang dewasa. Padahal, gotong royong dapat diterapkan di semua lapisan masyarakat dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Jika saya memiliki pertanyaan lebih lanjut, siapa yang dapat saya hubungi?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang gotong royong, Anda dapat menghubungi [nomor telepon] atau [alamat email]. Kami siap membantu Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dan memberikan informasi lebih lanjut tentang gotong royong.

Dengan demikian, kita telah sampai di penghujung perjalanan kita dalam mengeksplorasi “manfaat gotong royong”. Semoga pengetahuan dan wawasan yang telah Anda peroleh dapat menginspirasi Anda untuk mengambil tindakan dan menerapkan nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Bersama-sama, kita dapat membangun masyarakat yang lebih kuat, sejahtera, dan harmonis.

Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan dalam menerapkan gotong royong di lingkungan Anda. Kami siap membantu Anda untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik melalui semangat gotong royong.

Kesimpulan

Di akhir perjalanan kita mengeksplorasi “manfaat gotong royong”, mari kita rangkum poin-poin penting yang telah kita bahas:

  • Gotong royong memiliki banyak manfaat, mulai dari mempererat hubungan sosial, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hingga meningkatkan produktivitas dan membangun rasa solidaritas.
  • Gotong royong dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai cara, seperti berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti, membantu tetangga yang membutuhkan, atau mendukung usaha-usaha kecil di lingkungan sekitar.
  • Ada banyak tips dan strategi yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rasa gotong royong di lingkungan kita, seperti membangun rasa percaya, menetapkan tujuan yang jelas, dan melibatkan seluruh anggota masyarakat.

Jangan ragu untuk mulai menerapkan tips dan strategi yang telah kita bahas. Anda akan melihat sendiri perubahan positif yang terjadi dalam hidup Anda dan masyarakat sekitar.

Gotong royong adalah kekuatan yang luar biasa. Ketika kita bekerja sama dan saling membantu, kita dapat mencapai hal-hal yang luar biasa. Mari kita bersama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong dan membangun masyarakat yang lebih baik bagi semua.

Ingatlah, gotong royong adalah kunci untuk membuka potensi terbaik kita. Dengan semangat gotong royong, kita dapat mengatasi tantangan, mencapai tujuan, dan meraih kesuksesan bersama.

Mari kita wujudkan masyarakat yang harmonis, sejahtera, dan maju melalui semangat gotong royong.


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.