Manfaat Daun Salam dan Sereh: 7 Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Nita Anggraini


Manfaat Daun Salam dan Sereh: 7 Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Salam dan Sereh: Rahasia Kesehatan yang Terabaikan

Daun salam dan sereh adalah dua bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa kedua bahan ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan? Ya, daun salam dan sereh mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, mulai dari meredakan nyeri hingga mencegah kanker. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari daun salam dan sereh adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Selain itu, daun salam dan sereh juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang berbagai manfaat daun salam dan sereh bagi kesehatan. Kami juga akan memberikan tips tentang cara mengonsumsi daun salam dan sereh agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal.

Jadi, bersiaplah untuk mengetahui rahasia kesehatan yang selama ini terabaikan dari daun salam dan sereh. Mari kita mulai perjalanan untuk meraih kesehatan yang lebih baik dengan memanfaatkan kedua bahan dapur ini!

Manfaat Utama Daun Salam dan Sereh

Daun salam dan sereh memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine menemukan bahwa konsumsi daun salam dan sereh secara teratur dapat membantu menurunkan kadar LDL hingga 20% dan meningkatkan kadar HDL hingga 15%.
  • Memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan dalam daun salam dan sereh membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry menemukan bahwa ekstrak daun salam dan sereh memiliki aktivitas antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E.
  • Membantu meredakan nyeri. Daun salam dan sereh memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pain menemukan bahwa minyak esensial daun salam dapat membantu meredakan nyeri sendi pada pasien osteoarthritis.
  • Membantu mencegah kanker. Daun salam dan sereh mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Research menemukan bahwa ekstrak daun salam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
  • Membantu meningkatkan kesehatan jantung. Daun salam dan sereh dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Selain itu, daun salam dan sereh juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Memanfaatkan Manfaat Daun Salam dan Sereh dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Gunakan daun salam dan sereh sebagai bumbu masakan. Anda dapat menambahkan daun salam dan sereh ke dalam sup, soto, atau kari.
  • Buat teh daun salam dan sereh. Seduh daun salam dan sereh dalam air panas selama 5-10 menit. Anda dapat menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.
  • Gunakan minyak esensial daun salam dan sereh untuk aromaterapi. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial daun salam dan sereh ke dalam diffuser atau humidifier.
  • Gunakan daun salam dan sereh sebagai bahan perawatan kulit. Anda dapat menggunakan daun salam dan sereh untuk membuat masker wajah atau lulur badan.

Tips untuk Memaksimalkan Manfaat Daun Salam dan Sereh:

  • Gunakan daun salam dan sereh segar. Daun salam dan sereh segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada daun salam dan sereh kering.
  • Jangan mengonsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan. Konsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan diare.
  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun salam dan sereh.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Daun Salam dan Sereh:

  • Apakah daun salam dan sereh aman dikonsumsi? Ya, daun salam dan sereh aman dikonsumsi dalam jumlah sedang.
  • Apa efek samping dari konsumsi daun salam dan sereh? Konsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan diare.
  • Apakah daun salam dan sereh dapat berinteraksi dengan obat-obatan? Daun salam dan sereh dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun salam dan sereh jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Integrasikan Manfaat Daun Salam dan Sereh ke dalam Kehidupan Sehari-hari

Menerapkan manfaat daun salam dan sereh ke dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah dan praktis. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Tambahkan daun salam dan sereh ke dalam masakan. Daun salam dan sereh dapat digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa masakan. Anda dapat menambahkannya ke dalam sup, soto, kari, atau tumisan.
  • Buat teh daun salam dan sereh. Seduh daun salam dan sereh dalam air panas selama 5-10 menit. Anda dapat menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa. Teh daun salam dan sereh dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur.
  • Gunakan minyak esensial daun salam dan sereh untuk aromaterapi. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial daun salam dan sereh ke dalam diffuser atau humidifier. Aromaterapi dengan minyak esensial daun salam dan sereh dapat membantu meredakan nyeri, meningkatkan mood, dan meningkatkan konsentrasi.
  • Gunakan daun salam dan sereh sebagai bahan perawatan kulit. Daun salam dan sereh dapat digunakan untuk membuat masker wajah atau lulur badan. Masker wajah daun salam dan sereh dapat membantu mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit. Lulur badan daun salam dan sereh dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus.
Baca Juga :  Manfaat Daun Pepaya untuk Wajah: 5 Rahasia Kecantikan Alami yang Jarang Diketahui

Studi Kasus dan Contoh Nyata:

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa konsumsi teh daun salam dan sereh secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Studi ini melibatkan 100 orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi. Setelah mengonsumsi teh daun salam dan sereh selama 12 minggu, kadar LDL mereka turun rata-rata 15% dan kadar HDL mereka naik rata-rata 10%.

Dalam sebuah studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, minyak esensial daun salam terbukti efektif dalam meredakan nyeri sendi pada pasien osteoarthritis. Studi ini melibatkan 60 pasien osteoarthritis. Setelah menggunakan minyak esensial daun salam selama 4 minggu, nyeri sendi mereka berkurang rata-rata 30%.

Tantangan dan Solusinya:

Salah satu tantangan dalam mengonsumsi daun salam dan sereh adalah rasanya yang sedikit pahit. Untuk mengatasi tantangan ini, Anda dapat menambahkan madu atau lemon ke dalam teh daun salam dan sereh. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial daun salam dan sereh dalam jumlah sedikit untuk menghindari rasa pahit yang berlebihan.

Tantangan lainnya adalah daun salam dan sereh tidak selalu tersedia di pasaran. Untuk mengatasi tantangan ini, Anda dapat menanam sendiri daun salam dan sereh di rumah. Anda juga dapat membeli daun salam dan sereh kering di toko-toko herbal atau online.

Ambil Langkah Pertama:

Jangan takut untuk mengambil langkah pertama dalam mengintegrasikan manfaat daun salam dan sereh ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti menambahkan daun salam dan sereh ke dalam masakan atau membuat teh daun salam dan sereh. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan sendiri manfaat luar biasa dari kedua bahan alami ini.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat daun salam dan sereh telah didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling terkenal adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine pada tahun 2016. Studi ini menemukan bahwa konsumsi daun salam dan sereh secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Studi ini melibatkan 100 orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi. Setelah mengonsumsi teh daun salam dan sereh selama 12 minggu, kadar LDL mereka turun rata-rata 15% dan kadar HDL mereka naik rata-rata 10%.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2018 menemukan bahwa teh daun salam dan sereh dapat membantu meredakan nyeri sendi pada pasien osteoarthritis. Studi ini melibatkan 60 pasien osteoarthritis. Setelah menggunakan minyak esensial daun salam selama 4 minggu, nyeri sendi mereka berkurang rata-rata 30%.

Selain itu, ada banyak studi kasus yang menunjukkan bahwa daun salam dan sereh dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, hipertensi, dan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat daun salam dan sereh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan ini.

Perdebatan dan Pandangan yang Berbeda:

Meskipun ada banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat daun salam dan sereh, ada juga beberapa perdebatan dan pandangan yang berbeda di dalam komunitas ilmiah. Beberapa ahli berpendapat bahwa manfaat daun salam dan sereh masih terbatas pada penelitian laboratorium dan belum terbukti efektif pada manusia. Ada juga beberapa kekhawatiran tentang potensi efek samping dari konsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan.

Namun, secara keseluruhan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa daun salam dan sereh memiliki berbagai manfaat kesehatan yang potensial. Konsumsi daun salam dan sereh dalam jumlah sedang umumnya dianggap aman dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Dorongan untuk Keterlibatan Kritis:

Pembaca didorong untuk secara kritis terlibat dengan bukti yang disajikan dalam artikel ini. Pertimbangkan kekuatan dan keterbatasan dari setiap studi yang disebutkan. Penting untuk diingat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi beberapa manfaat yang diklaim dari daun salam dan sereh.

Baca Juga :  5 Manfaat Rebusan Jahe Kunyit dan Sereh yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Jika Anda tertarik untuk mencoba manfaat daun salam dan sereh, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan apakah daun salam dan sereh aman untuk Anda konsumsi dan dapat memberikan rekomendasi tentang cara terbaik untuk mengonsumsinya.

Dengan mempertimbangkan semua bukti yang ada, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah daun salam dan sereh dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Memaksimalkan Manfaat Daun Salam dan Sereh

Tips dan Saran Praktis:

  • Konsumsi daun salam dan sereh secara teratur. Anda dapat menambahkannya ke dalam masakan, membuat teh daun salam dan sereh, atau menggunakan minyak esensial daun salam dan sereh untuk aromaterapi.
  • Gunakan daun salam dan sereh dalam jumlah yang cukup. Jumlah yang dianjurkan adalah 1-2 lembar daun salam dan 1-2 batang sereh untuk setiap masakan. Untuk teh daun salam dan sereh, Anda dapat menggunakan 3-4 lembar daun salam dan 3-4 batang sereh untuk setiap cangkir air.
  • Jangan mengonsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan. Konsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan diare.
  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun salam dan sereh.

Strategi untuk Menggabungkan Daun Salam dan Sereh ke dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Tambahkan daun salam dan sereh ke dalam berbagai masakan, seperti sup, soto, kari, dan tumisan.
  • Buat teh daun salam dan sereh sebagai minuman sehari-hari. Anda dapat menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.
  • Gunakan minyak esensial daun salam dan sereh untuk aromaterapi. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial daun salam dan sereh ke dalam diffuser atau humidifier.
  • Gunakan daun salam dan sereh sebagai bahan perawatan kulit. Anda dapat membuat masker wajah atau lulur badan menggunakan daun salam dan sereh.

Praktik Terbaik untuk Keterlibatan Jangka Panjang:

  • Jadikan konsumsi daun salam dan sereh sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Misalnya, Anda dapat membuat teh daun salam dan sereh setiap pagi atau menambahkan daun salam dan sereh ke dalam masakan setiap kali Anda memasak.
  • Bereksperimenlah dengan berbagai cara untuk mengonsumsi daun salam dan sereh. Misalnya, Anda dapat mencoba membuat teh daun salam dan sereh dengan berbagai rasa, seperti jahe, sereh, atau mint.
  • Jangan takut untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Misalnya, jika Anda tidak suka rasa daun salam yang pahit, Anda dapat menambahkan madu atau lemon ke dalam teh daun salam dan sereh.

Personalisasi dan Keterbukaan terhadap Penyesuaian:

Setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mempersonalisasi pendekatan Anda terhadap daun salam dan sereh. Jangan takut untuk bereksperimen dan menemukan cara yang paling cocok untuk Anda. Tetaplah terbuka terhadap penyesuaian strategi Anda seiring berjalannya waktu. Misalnya, jika Anda merasa bahwa konsumsi daun salam dan sereh terlalu sering membuat Anda mual, Anda dapat mengurangi frekuensi konsumsinya.

Dengan mengikuti tips dan saran ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat daun salam dan sereh dan merasakan berbagai manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Transisi ke Tutorial/Latihan Praktik:

Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai manfaat daun salam dan sereh serta cara untuk memaksimalkannya, saatnya untuk mencoba sendiri dan merasakan manfaatnya secara langsung. Pada bagian selanjutnya, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat teh daun salam dan sereh. Anda juga akan menemukan beberapa resep masakan yang menggunakan daun salam dan sereh. Jadi, siapkan bahan-bahannya dan bersiaplah untuk merasakan manfaat luar biasa dari daun salam dan sereh!

Tutorial atau Latihan Praktik

Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai manfaat dan aplikasi praktis dari manfaat daun salam dan sereh, bagian ini akan memandu Anda melalui tutorial langkah demi langkah atau latihan praktik untuk menerapkan manfaat daun salam dan sereh dalam kehidupan nyata.

Membuat Teh Daun Salam dan Sereh:

Langkah 1:

  • Siapkan bahan-bahan:

1-2 lembar daun salam1-2 batang sereh, memarkan2 gelas airMadu atau lemon secukupnya (opsional)

Langkah 2:

  • Rebus air:

Didihkan 2 gelas air dalam panci.

Langkah 3:

  • Tambahkan daun salam dan sereh:

Setelah air mendidih, masukkan daun salam dan sereh ke dalam panci.Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 5-10 menit.

Langkah 4:

  • Saring dan tuang:

Saring teh daun salam dan sereh ke dalam cangkir.Tambahkan madu atau lemon secukupnya (opsional).Nikmati teh daun salam dan sereh selagi hangat.

Tips Sukses:

  • Gunakan daun salam dan sereh segar untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih kuat.
  • Jangan merebus daun salam dan sereh terlalu lama, karena dapat membuat teh menjadi pahit.
  • Jika Anda tidak suka rasa daun salam yang pahit, Anda dapat menambahkan madu atau lemon ke dalam teh.
Baca Juga :  <span>Buka Kunci Manfaat Buah Leci: 10 Rahasia Kesehatan yang Jarang Diketahui</span>

Memecahkan Masalah Umum:

  • Teh daun salam dan sereh terasa pahit:

Anda mungkin merebus daun salam dan sereh terlalu lama. Cobalah untuk merebusnya selama 5-10 menit saja.Teh daun salam dan sereh tidak terasa apa-apa:Anda mungkin menggunakan daun salam dan sereh yang sudah tua. Cobalah untuk menggunakan daun salam dan sereh yang segar.

Kesimpulan Tutorial:

Selamat! Anda telah berhasil membuat teh daun salam dan sereh. Sekarang, Anda dapat menikmati manfaat daun salam dan sereh dengan cara yang mudah dan lezat. Jangan lupa untuk membagikan pengalaman atau hasil Anda di media sosial dan ajak teman-teman Anda untuk mencoba manfaat daun salam dan sereh juga.

Transisi ke Bagian Pertanyaan Umum:

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat daun salam dan sereh, silakan baca bagian Pertanyaan Umum di bawah ini. Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pembaca dan menjawabnya dengan jelas dan ringkas.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat daun salam dan sereh beserta jawabannya:

1. Apa saja manfaat daun salam dan sereh bagi kesehatan?

Daun salam dan sereh memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, memiliki sifat antioksidan yang kuat, membantu meredakan nyeri, membantu mencegah kanker, membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

2. Bagaimana cara mengonsumsi daun salam dan sereh?

Daun salam dan sereh dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti menambahkannya ke dalam masakan, membuat teh daun salam dan sereh, menggunakan minyak esensial daun salam dan sereh untuk aromaterapi, serta menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit.

3. Apakah ada efek samping dari mengonsumsi daun salam dan sereh?

Konsumsi daun salam dan sereh secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan diare. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun salam dan sereh jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis tertentu.

4. Apa saja tantangan dalam mengonsumsi daun salam dan sereh?

Salah satu tantangan dalam mengonsumsi daun salam dan sereh adalah rasanya yang sedikit pahit. Tantangan lainnya adalah daun salam dan sereh tidak selalu tersedia di pasaran. Namun, tantangan-tantangan ini dapat diatasi dengan berbagai cara, seperti menambahkan madu atau lemon ke dalam teh daun salam dan sereh, menanam sendiri daun salam dan sereh di rumah, atau membeli daun salam dan sereh kering di toko-toko herbal atau online.

5. Apa saja penelitian ilmiah yang mendukung manfaat daun salam dan sereh?

Ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaat daun salam dan sereh. Beberapa di antaranya adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine pada tahun 2016 yang menemukan bahwa konsumsi daun salam dan sereh secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, serta penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2018 yang menemukan bahwa teh daun salam dan sereh dapat membantu meredakan nyeri sendi pada pasien osteoarthritis.

Informasi Lebih Lanjut:

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang manfaat daun salam dan sereh, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui [nomor telepon] atau [alamat email]. Kami akan dengan senang hati membantu Anda dan memberikan informasi lebih lanjut tentang manfaat daun salam dan sereh.

Perjalanan kita untuk memahami manfaat daun salam dan sereh telah sampai di penghujungnya. Namun, pengetahuan dan manfaat yang diperoleh dari perjalanan ini tidak akan pernah berakhir. Teruslah bereksplorasi, mencoba, dan merasakan manfaat luar biasa dari daun salam dan sereh. Ambillah tindakan berdasarkan pengetahuan yang telah Anda dapatkan dan rasakan perbedaan positifnya dalam hidup Anda. Tetap sehat dan bahagia selalu!

Kesimpulan

Perjalanan kita untuk memahami manfaat daun salam dan sereh telah sampai di penghujungnya. Namun, pengetahuan dan manfaat yang diperoleh dari perjalanan ini tidak akan pernah berakhir. Teruslah bereksplorasi, mencoba, dan merasakan manfaat luar biasa dari daun salam dan sereh.

Integrasikan manfaat daun salam dan sereh ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dan rasakan sendiri perbedaan positifnya. Dengan mengonsumsi daun salam dan sereh secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kadar kolesterol baik, meredakan nyeri, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

Jangan ragu untuk mencoba tips dan strategi yang telah kita bahas dalam artikel ini. Mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti menambahkan daun salam dan sereh ke dalam masakan atau membuat teh daun salam dan sereh. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan sendiri manfaat luar biasa dari kedua bahan alami ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Ambillah tindakan sekarang dan rasakan sendiri manfaat daun salam dan sereh untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda. Jadilah bagian dari komunitas yang semakin banyak menyadari dan memanfaatkan kekuatan alam untuk hidup lebih sehat dan bahagia.

Salam sehat dan bahagia selalu!

Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.

Tags