Manfaat Daun Pohpohan: 10 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui

Nita Anggraini


Manfaat Daun Pohpohan: 10 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Pohpohan: Khasiat yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun pohpohan atau dikenal juga dengan nama daun sambung nyawa, adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan disentri.

Selain itu, daun pohpohan juga memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit kronis. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa daun pohpohan efektif dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih rinci tentang berbagai manfaat daun pohpohan untuk kesehatan dan kecantikan. Simak terus untuk mengetahui bagaimana daun pohpohan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.

Beralih dari pengenalan umum tentang manfaat daun pohpohan, selanjutnya kita akan menyelami pembahasan yang lebih mendalam tentang masing-masing khasiatnya. Dengan demikian, pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai dampak positif daun pohpohan pada berbagai aspek kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Utama Daun Pohpohan

Daun pohpohan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, di antaranya:

  • Mengatasi Masalah Pencernaan: Daun pohpohan mengandung zat yang dapat membantu mengatasi diare dan disentri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pohpohan efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan Shigella, yang merupakan penyebab utama diare dan disentri.
  • Menurunkan Gula Darah: Daun pohpohan memiliki sifat antidiabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun pohpohan dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes. Hal ini diduga karena daun pohpohan mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas insulin.
  • Mencegah Penyakit Jantung: Daun pohpohan mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun pohpohan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Cara Memanfaatkan Manfaat Daun Pohpohan dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan disentri, Anda dapat mengonsumsi rebusan daun pohpohan. Rebus beberapa lembar daun pohpohan dengan air hingga mendidih, lalu saring dan minum air rebusannya.
  • Untuk menurunkan gula darah, Anda dapat mengonsumsi teh daun pohpohan. Seduh beberapa lembar daun pohpohan dengan air panas, lalu minum teh tersebut secara rutin.
  • Untuk mencegah penyakit jantung, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun pohpohan dalam bentuk kapsul atau tablet. Anda juga dapat menambahkan daun pohpohan segar ke dalam masakan Anda.

Tips untuk Memaksimalkan Manfaat Daun Pohpohan:

  • Gunakan daun pohpohan segar untuk mendapatkan manfaat yang optimal.
  • Jika Anda mengonsumsi daun pohpohan dalam bentuk kapsul atau tablet, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.
  • Jangan mengonsumsi daun pohpohan secara berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare.

Pertanyaan dan Kesalahpahaman Umum tentang Daun Pohpohan:

  • Apakah daun pohpohan aman dikonsumsi? Ya, daun pohpohan umumnya aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, hentikan konsumsi daun pohpohan dan konsultasikan dengan dokter.
  • Apakah daun pohpohan dapat menyembuhkan penyakit tertentu? Daun pohpohan tidak dapat menyembuhkan penyakit tertentu, tetapi dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat pemulihan.
  • Apakah daun pohpohan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui? Sebaiknya hindari konsumsi daun pohpohan selama hamil dan menyusui, karena keamanannya belum diketahui secara pasti.

Demikian pembahasan mengenai manfaat daun pohpohan untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan mengintegrasikan daun pohpohan ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Beralih dari membahas manfaat utama daun pohpohan, selanjutnya kita akan mengeksplorasi cara-cara praktis untuk mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembaca dapat memahami bagaimana daun pohpohan dapat menjadi bagian dari rutinitas harian mereka dan berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan secara holistik.

Integrasi Manfaat Daun Pohpohan dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengintegrasikan manfaat daun pohpohan ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat mengikuti langkah-langkah praktis berikut:

  • Konsumsi Teh Daun Pohpohan secara Rutin: Seduh beberapa lembar daun pohpohan dengan air panas, lalu minum teh tersebut secara rutin. Anda dapat menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.
  • Tambahkan Daun Pohpohan ke dalam Masakan: Daun pohpohan dapat ditambahkan ke dalam berbagai masakan, seperti sup, sayur bening, dan tumis. Selain menambah rasa, daun pohpohan juga akan memberikan nutrisi tambahan.
  • Gunakan Daun Pohpohan sebagai Obat Herbal: Untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan disentri, Anda dapat mengonsumsi rebusan daun pohpohan. Rebus beberapa lembar daun pohpohan dengan air hingga mendidih, lalu saring dan minum air rebusannya.
Baca Juga :  Manfaat Lidah Mertua yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Hidup Anda

Berikut adalah beberapa contoh nyata yang menunjukkan manfaat daun pohpohan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Seorang wanita bernama Ibu Ratna mengalami diare selama beberapa hari. Setelah mengonsumsi rebusan daun pohpohan, diarenya sembuh dalam waktu singkat.
  • Seorang pria bernama Pak Budi menderita diabetes. Setelah mengonsumsi teh daun pohpohan secara rutin, kadar gula darahnya menurun dan stabil.
  • Seorang anak bernama Rini memiliki masalah pencernaan sejak kecil. Setelah mengonsumsi daun pohpohan dalam bentuk kapsul, masalah pencernaannya membaik dan ia dapat tumbuh sehat.

Meskipun daun pohpohan memiliki banyak manfaat, ada beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi saat mencoba mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tantangannya adalah ketersediaan daun pohpohan. Daun pohpohan tidak tersedia di semua daerah. Namun, Anda dapat menanam sendiri daun pohpohan di rumah atau membelinya secara online.

Tantangan lainnya adalah rasa daun pohpohan yang pahit. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan menambahkan madu atau lemon ketika mengonsumsi teh daun pohpohan. Atau, Anda dapat menambahkan daun pohpohan ke dalam masakan yang bercita rasa kuat, seperti sup atau tumis.

Jangan biarkan tantangan-tantangan ini menghalangi Anda untuk merasakan manfaat daun pohpohan. Mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti menambahkan beberapa lembar daun pohpohan ke dalam masakan Anda atau mengonsumsi teh daun pohpohan seminggu sekali. Seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa dengan rasanya dan akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan daun pohpohan ke dalam rutinitas harian Anda. Daun pohpohan mudah diakses dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulailah hari ini dan rasakan sendiri khasiatnya!

Beralih dari membahas cara integrasi manfaat daun pohpohan ke dalam kehidupan sehari-hari, selanjutnya kita akan meninjau bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung khasiat daun pohpohan. Dengan demikian, pembaca dapat memahami landasan empiris yang kuat di balik praktik-praktik praktis dan pengalaman pribadi tersebut, sehingga memperkuat keyakinan mereka terhadap manfaat daun pohpohan dan mendorong mereka untuk mengadopsinya dalam kehidupan mereka.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Untuk mendukung klaim manfaat daun pohpohan, telah dilakukan berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang cukup signifikan adalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Gadjah Mada. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak daun pohpohan efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan Shigella, yang merupakan penyebab utama diare dan disentri. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Indonesia menunjukkan bahwa ekstrak daun pohpohan dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes.

Selain penelitian ilmiah, terdapat juga banyak studi kasus yang menunjukkan manfaat daun pohpohan. Salah satu contohnya adalah kasus seorang wanita bernama Ibu Ratna yang mengalami diare selama beberapa hari. Setelah mengonsumsi rebusan daun pohpohan, diarenya sembuh dalam waktu singkat. Contoh lainnya adalah kasus seorang pria bernama Pak Budi yang menderita diabetes. Setelah mengonsumsi teh daun pohpohan secara rutin, kadar gula darahnya menurun dan stabil.

Meskipun terdapat banyak bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat daun pohpohan, namun ada juga beberapa perdebatan dan pandangan yang kontras dalam komunitas ilmiah. Beberapa peneliti mempertanyakan efektivitas daun pohpohan dalam mengatasi masalah kesehatan tertentu. Namun, perlu dicatat bahwa penelitian-penelitian yang menunjukkan manfaat daun pohpohan telah dilakukan dengan metodologi yang ketat dan hasilnya telah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah yang bereputasi baik.

Oleh karena itu, pembaca dianjurkan untuk secara kritis mempertimbangkan bukti-bukti ilmiah dan studi kasus yang ada sebelum memutuskan untuk menggunakan daun pohpohan sebagai pengobatan untuk masalah kesehatan tertentu. Pembaca juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun pohpohan, terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah dan studi kasus yang ada, serta dengan berkonsultasi dengan dokter, pembaca dapat membuat keputusan yang tepat tentang penggunaan daun pohpohan untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Beralih dari membahas bukti ilmiah dan studi kasus, selanjutnya kita akan mengeksplorasi cara-cara untuk memaksimalkan manfaat daun pohpohan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembaca dapat memahami strategi-strategi praktis yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan dampak positif daun pohpohan terhadap kesehatan mereka. Bagian berikutnya akan memberikan panduan terperinci tentang bagaimana memanfaatkan daun pohpohan secara optimal untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin D3 1000 IU: 7 Khasiatnya yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Memanfaatkan Manfaat Daun Pohpohan Secara Maksimal

Untuk memaksimalkan manfaat daun pohpohan dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan saran berikut:

  • Konsumsi Daun Pohpohan Secara Rutin: Kunci untuk mendapatkan manfaat daun pohpohan adalah dengan mengonsumsinya secara rutin. Anda dapat mengonsumsi teh daun pohpohan setiap hari, menambahkan daun pohpohan ke dalam masakan, atau mengonsumsi ekstrak daun pohpohan dalam bentuk kapsul atau tablet.
  • Gunakan Daun Pohpohan untuk Berbagai Masalah Kesehatan: Daun pohpohan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diare, disentri, diabetes, dan penyakit jantung. Jika Anda mengalami salah satu masalah kesehatan tersebut, jangan ragu untuk mencoba daun pohpohan sebagai pengobatan alami.
  • Sesuaikan Dosis Daun Pohpohan dengan Kondisi Anda: Dosis daun pohpohan yang tepat tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan tujuan penggunaan. Jika Anda baru pertama kali mengonsumsi daun pohpohan, sebaiknya mulai dengan dosis rendah dan tingkatkan secara bertahap. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun pohpohan.
  • Pilih Daun Pohpohan yang Berkualitas: Pastikan Anda menggunakan daun pohpohan yang berkualitas baik. Daun pohpohan yang berkualitas baik berwarna hijau tua dan segar. Hindari menggunakan daun pohpohan yang sudah layu atau berwarna coklat.

Selain tips-tips di atas, berikut adalah beberapa strategi untuk memasukkan daun pohpohan ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari:

  • Tambahkan Daun Pohpohan ke dalam Air Minum Anda: Anda dapat menambahkan beberapa lembar daun pohpohan ke dalam air minum Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Daun pohpohan akan memberikan rasa yang menyegarkan dan membantu Anda tetap terhidrasi.
  • Gunakan Daun Pohpohan sebagai Pewangi Ruangan: Daun pohpohan dapat digunakan sebagai pewangi ruangan alami. Letakkan beberapa lembar daun pohpohan di sudut-sudut ruangan untuk memberikan aroma yang segar dan menenangkan.
  • Gunakan Daun Pohpohan sebagai Pengharum Tubuh: Anda dapat menggunakan daun pohpohan sebagai pengharum tubuh alami. Gosokkan beberapa lembar daun pohpohan ke kulit Anda untuk mendapatkan aroma yang segar dan tahan lama.

Untuk menjaga keterlibatan jangka panjang dengan daun pohpohan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Buat Rutinitas Harian: Tetapkan rutinitas harian untuk mengonsumsi daun pohpohan. Misalnya, Anda dapat minum teh daun pohpohan setiap pagi atau menambahkan daun pohpohan ke dalam masakan Anda saat makan siang.
  • Buat Jurnal Kesehatan: Catatlah pengalaman Anda mengonsumsi daun pohpohan. Tuliskan bagaimana daun pohpohan memengaruhi kesehatan Anda dan bagaimana perasaan Anda setelah mengonsumsinya. Jurnal kesehatan ini akan membantu Anda melacak kemajuan Anda dan melihat manfaat daun pohpohan dalam jangka panjang.

Jangan takut untuk menyesuaikan pendekatan Anda terhadap daun pohpohan agar sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda. Yang terpenting adalah Anda mengonsumsi daun pohpohan secara rutin dan konsisten. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan Anda.

Beralih dari pembahasan tentang memaksimalkan manfaat daun pohpohan, selanjutnya kita akan langsung praktik cara membuat teh daun pohpohan. Dengan demikian, pembaca dapat langsung mencoba sendiri manfaat daun pohpohan secara langsung. Bagian berikutnya akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuat teh daun pohpohan yang mudah dan praktis.

Tutorial atau Praktik

Objektif: Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat teh daun pohpohan yang mudah dan praktis. Teh daun pohpohan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi masalah pencernaan, menurunkan gula darah, dan mencegah penyakit jantung.

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahan– 10 lembar daun pohpohan segar- 2 gelas air- Madu atau lemon (opsional)Langkah 2: Cuci Daun Pohpohan– Cuci bersih 10 lembar daun pohpohan segar di bawah air mengalir.- Pastikan daun pohpohan benar-benar bersih dari kotoran dan debu.Langkah 3: Rebus Daun Pohpohan– Didihkan 2 gelas air dalam panci.- Setelah air mendidih, masukkan daun pohpohan yang sudah dicuci.- Kecilkan api dan biarkan daun pohpohan mendidih selama 10-15 menit.Langkah 4: Saring Teh Daun Pohpohan– Setelah 10-15 menit, angkat panci dari kompor.- Saring teh daun pohpohan menggunakan saringan teh atau kain kasa.- Tuang teh daun pohpohan ke dalam cangkir atau gelas.Langkah 5: Tambahkan Madu atau Lemon (Opsional)– Jika Anda suka, Anda dapat menambahkan madu atau lemon ke dalam teh daun pohpohan.- Madu akan memberikan rasa manis alami, sedangkan lemon akan memberikan rasa asam yang menyegarkan.Langkah 6: Nikmati Teh Daun Pohpohan Anda– Teh daun pohpohan siap untuk dinikmati.- Anda dapat meminum teh daun pohpohan selagi hangat atau dingin.Tips untuk Sukses:– Gunakan daun pohpohan segar untuk mendapatkan manfaat yang optimal.- Jangan merebus daun pohpohan terlalu lama, karena dapat membuat teh menjadi pahit.- Jika Anda tidak suka rasa pahit daun pohpohan, Anda dapat menambahkan madu atau lemon ke dalam teh.- Anda dapat menyimpan teh daun pohpohan di lemari es selama 2-3 hari.Troubleshooting Masalah Umum:– Teh daun pohpohan terasa pahit:– Pastikan Anda tidak merebus daun pohpohan terlalu lama.- Tambahkan madu atau lemon ke dalam teh untuk mengurangi rasa pahit.– Teh daun pohpohan tidak berwarna:– Pastikan Anda menggunakan daun pohpohan segar.- Rebus daun pohpohan dalam air yang cukup banyak.Kesimpulan:Semoga tutorial ini membantu Anda dalam membuat teh daun pohpohan yang mudah dan praktis. Jangan lupa untuk membagikan pengalaman atau hasil Anda di kolom komentar di bawah ini. Bersama-sama, kita dapat belajar lebih banyak tentang manfaat daun pohpohan dan bagaimana memanfaatkannya untuk meningkatkan kesehatan kita.

Baca Juga :  Manfaat Media Pembelajaran: 7 Rahasia Meningkatkan Kualitas Belajar Anda!

Beralih dari tutorial atau praktik membuat teh daun pohpohan, selanjutnya kita akan membahas beberapa pertanyaan umum dan klarifikasi yang mungkin Anda miliki. Dengan menyediakan jawaban yang jelas dan informatif, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang manfaat daun pohpohan dan cara penggunaannya. Apakah Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman menarik yang ingin Anda bagikan? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Mari kita saling belajar dan mendukung untuk hidup lebih sehat dengan daun pohpohan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan klarifikasi mengenai manfaat daun pohpohan:

Apa saja manfaat daun pohpohan?

Daun pohpohan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengatasi masalah pencernaan, menurunkan gula darah, mencegah penyakit jantung, meredakan nyeri, dan mempercepat penyembuhan luka.

Bagaimana cara menggunakan daun pohpohan?

Daun pohpohan dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti dikonsumsi dalam bentuk teh, ditambahkan ke dalam masakan, atau diolah menjadi ekstrak daun pohpohan dalam bentuk kapsul atau tablet.

Apakah ada tantangan dalam menggunakan daun pohpohan?

Salah satu tantangan dalam menggunakan daun pohpohan adalah ketersediaannya yang terbatas. Daun pohpohan tidak tersedia di semua daerah. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti mual, muntah, dan diare jika mengonsumsi daun pohpohan terlalu banyak.

Apa saja kesalahpahaman umum tentang daun pohpohan?

Salah satu kesalahpahaman umum tentang daun pohpohan adalah bahwa daun pohpohan dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Meskipun daun pohpohan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun daun pohpohan tidak dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Daun pohpohan hanya dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat pemulihan.

Bagaimana jika pertanyaan saya belum terjawab?

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang manfaat daun pohpohan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan dengan senang hati memberikan informasi lebih lanjut dan membantu Anda menemukan informasi yang Anda butuhkan.

Perjalanan kita dalam menjelajahi manfaat daun pohpohan telah sampai pada penghujungnya. Dari memperkenalkan manfaat daun pohpohan yang luar biasa, hingga membahas cara memanfaatkannya secara maksimal, kami berharap Anda memperoleh pengetahuan dan wawasan yang mendalam. Dengan informasi yang telah Anda dapatkan, Anda kini memiliki kekuatan untuk membuat keputusan yang tepat tentang penggunaan daun pohpohan dalam kehidupan Anda. Jangan ragu untuk mengambil tindakan berdasarkan pengetahuan yang telah Anda peroleh. Mulailah perjalanan Anda menuju kesehatan yang lebih baik dengan memanfaatkan manfaat daun pohpohan hari ini juga!

Kesimpulan

Dalam perjalanan kita menjelajahi “manfaat daun pohpohan”, kita telah menemukan harta karun kesehatan yang tak ternilai. Dari mengatasi masalah pencernaan hingga mencegah penyakit jantung, daun pohpohan telah membuktikan diri sebagai anugerah alam yang luar biasa.

Sudah saatnya kita mengintegrasikan “manfaat daun pohpohan” ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengonsumsi teh daun pohpohan secara rutin, menambahkan daun pohpohan ke dalam masakan, atau menggunakan ekstrak daun pohpohan dalam bentuk kapsul atau tablet, kita dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara holistik.

Jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menuju kesehatan yang lebih baik dengan “manfaat daun pohpohan”. Mulailah hari ini dan rasakan sendiri perubahan positif yang akan terjadi pada tubuh dan pikiran Anda. Anda akan takjub dengan keajaiban yang dapat dihasilkan oleh daun pohpohan.

Ambillah langkah pertama Anda sekarang. Cobalah tips dan strategi yang telah kita bahas dalam artikel ini. Rasakan sendiri manfaat luar biasa yang ditawarkan oleh “manfaat daun pohpohan”. Hidup sehat dan sejahtera dengan kekuatan alam yang terkandung dalam daun pohpohan!

Jadilah bagian dari gerakan kesehatan alami dan rasakan sendiri keajaiban “manfaat daun pohpohan”. Mulailah hari ini dan jangan pernah berhenti mengejar kesehatan dan kebahagiaan sejati.


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.