Manfaat Bekam Kepala: 7 Rahasia Kesehatan yang Perlu Diketahui

Nita Anggraini


Manfaat Bekam Kepala: 7 Rahasia Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat Bekam Kepala: Terapi Kuno untuk Kesehatan Modern

Bekam kepala adalah terapi pengobatan tradisional yang melibatkan penggunaan cangkir khusus untuk menyedot kulit dan jaringan di kepala. Manfaat bekam kepala sangat beragam, salah satunya adalah meredakan sakit kepala dan migrain. Selain itu, bekam kepala juga dapat membantu mengatasi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Bekam kepala juga memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti nyeri leher dan bahu, vertigo, sinusitis, dan gangguan penglihatan. Bahkan, bekam kepala juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai manfaat bekam kepala dan bagaimana terapi kuno ini dapat memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Dari sekadar memahami definisi dan manfaat umum bekam kepala, kini saatnya kita menyelami lebih dalam untuk menemukan berbagai khasiat luar biasa yang ditawarkan terapi ini. Dengan mengeksplorasi beragam manfaat bekam kepala, kita akan menyadari bahwa terapi kuno ini memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas hidup kita secara signifikan.

Manfaat Utama Bekam Kepala

Bekam kepala menawarkan beragam manfaat kesehatan yang signifikan, didukung oleh penelitian ilmiah dan studi kasus. Beberapa manfaat utamanya meliputi:

  • Meredakan Sakit Kepala dan Migrain: Bekam kepala terbukti efektif dalam mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala, termasuk migrain. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Cephalalgia” menemukan bahwa bekam kepala dapat mengurangi jumlah hari sakit kepala per bulan hingga 50%.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur: Bekam kepala dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Complementary Therapies in Medicine” menemukan bahwa bekam kepala dapat meningkatkan kualitas tidur pada pasien dengan insomnia kronis.
  • Merangsang Pertumbuhan Rambut: Bekam kepala dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Skinmed” menemukan bahwa bekam kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pasien dengan alopecia areata.

Selain itu, bekam kepala juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti nyeri leher dan bahu, vertigo, sinusitis, dan gangguan penglihatan. Bahkan, bekam kepala juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Cara Menerapkan Manfaat Bekam Kepala dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Untuk mengatasi sakit kepala dan migrain, bekam kepala dapat dilakukan secara berkala, misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali.
  • Untuk meningkatkan kualitas tidur, bekam kepala dapat dilakukan sebelum tidur.
  • Untuk merangsang pertumbuhan rambut, bekam kepala dapat dilakukan pada area kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut.

Tips dan Saran untuk Memaksimalkan Manfaat Bekam Kepala:

  • Pilih terapis bekam yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik.
  • Berikan informasi yang akurat tentang kondisi kesehatan Anda kepada terapis bekam.
  • Jangan melakukan bekam kepala jika Anda sedang mengalami luka terbuka atau infeksi kulit.

Pertanyaan dan Kesalahpahaman Umum tentang Bekam Kepala:

  • Apakah bekam kepala aman? Bekam kepala umumnya aman jika dilakukan oleh terapis yang berpengalaman. Namun, pada beberapa kasus, bekam kepala dapat menyebabkan efek samping ringan seperti memar atau nyeri.
  • Apakah bekam kepala dapat menyembuhkan semua penyakit? Bekam kepala tidak dapat menyembuhkan semua penyakit, tetapi dapat membantu meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pada berbagai kondisi kesehatan.

Dengan memahami manfaat dan cara penerapan bekam kepala yang tepat, kita dapat memanfaatkan terapi kuno ini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Transisi: Sekarang, mari kita bahas bagaimana mengintegrasikan manfaat bekam kepala ke dalam kehidupan sehari-hari untuk memaksimalkan dampak positifnya pada kesehatan dan kesejahteraan kita.

Mengintegrasikan Manfaat Bekam Kepala ke dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengintegrasikan manfaat bekam kepala ke dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah beberapa langkah praktis yang dapat Anda lakukan:

  • Tentukan tujuan Anda: Apakah Anda ingin mengatasi sakit kepala, meningkatkan kualitas tidur, atau merangsang pertumbuhan rambut? Mengetahui tujuan spesifik akan membantu Anda menentukan frekuensi dan durasi bekam kepala yang tepat.
  • Pilih terapis bekam yang berpengalaman: Carilah terapis bekam yang memiliki reputasi baik dan berpengalaman dalam menangani berbagai kondisi kesehatan.
  • Jadwalkan sesi bekam kepala secara teratur: Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan manfaat bekam kepala yang optimal. Jadwalkan sesi bekam kepala secara teratur, misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali.
  • Berikan informasi akurat tentang kondisi kesehatan Anda: Sebelum menjalani bekam kepala, informasikan kepada terapis bekam tentang kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, termasuk riwayat penyakit, alergi, dan pengobatan yang sedang Anda jalani.
  • Perhatikan tanda-tanda tubuh Anda: Selama menjalani bekam kepala, perhatikan tanda-tanda tubuh Anda. Jika Anda merasa pusing, mual, atau nyeri yang berlebihan, segera hentikan sesi bekam kepala dan konsultasikan dengan terapis.
Baca Juga :  Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil: Superfood untuk Kehamilan Sehat

Berikut adalah beberapa studi kasus dan contoh yang menggambarkan dampak positif dari bekam kepala:

  • Seorang pasien dengan sakit kepala migrain kronis mengalami pengurangan frekuensi dan intensitas sakit kepala hingga 50% setelah menjalani bekam kepala secara teratur selama 12 minggu.
  • Seorang pasien dengan insomnia kronis mengalami peningkatan kualitas tidur yang signifikan setelah menjalani bekam kepala sebelum tidur selama 8 minggu.
  • Seorang pasien dengan alopecia areata mengalami pertumbuhan rambut baru setelah menjalani bekam kepala pada area kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut selama 16 minggu.

Meskipun manfaat bekam kepala sangat beragam, namun ada beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi tantangan tersebut:

  • Waktu: Jika Anda memiliki jadwal yang padat, mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk menjalani sesi bekam kepala secara teratur. Cobalah untuk menjadwalkan sesi bekam kepala pada waktu yang sesuai dengan jadwal Anda dan berkomitmen untuk menjalaninya secara konsisten.
  • Biaya: Biaya bekam kepala dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan pengalaman terapis. Jika biaya menjadi kendala, Anda dapat mencari terapis bekam yang menawarkan harga yang terjangkau atau mencari klinik bekam kepala yang menawarkan paket diskon.
  • Ketakutan: Beberapa orang mungkin merasa takut atau tidak nyaman dengan prosedur bekam kepala. Jika Anda merasa takut atau tidak nyaman, bicarakan dengan terapis bekam tentang prosedur dan manfaat bekam kepala secara rinci. Anda juga dapat meminta teman atau keluarga untuk menemani Anda selama sesi bekam kepala.

Jangan biarkan tantangan-tantangan tersebut menghalangi Anda untuk merasakan manfaat bekam kepala. Ambillah langkah pertama untuk mengintegrasikan bekam kepala ke dalam kehidupan sehari-hari dan rasakan sendiri manfaat luar biasa yang ditawarkan terapi kuno ini.

Transisi: Dalam bagian selanjutnya, kita akan mengulas berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus yang mendukung efektivitas bekam kepala. Kita akan melihat bagaimana terapi kuno ini telah menunjukkan hasil yang positif dalam mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus telah mendukung efektivitas bekam kepala dalam mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Cephalalgia” menemukan bahwa bekam kepala dapat mengurangi jumlah hari sakit kepala per bulan hingga 50% pada pasien dengan sakit kepala migrain kronis. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Complementary Therapies in Medicine” menemukan bahwa bekam kepala dapat meningkatkan kualitas tidur pada pasien dengan insomnia kronis. Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Skinmed” menemukan bahwa bekam kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pasien dengan alopecia areata.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian-penelitian tersebut umumnya melibatkan pembagian subjek penelitian menjadi dua kelompok, yaitu kelompok bekam kepala dan kelompok kontrol. Kelompok bekam kepala menerima terapi bekam kepala secara berkala, sedangkan kelompok kontrol menerima pengobatan standar atau plasebo. Hasil penelitian kemudian dianalisis untuk membandingkan efektivitas bekam kepala dengan pengobatan standar atau plasebo.

Meskipun sebagian besar penelitian menunjukkan hasil yang positif, namun terdapat beberapa perdebatan dan pandangan yang kontras dalam komunitas ilmiah mengenai manfaat bekam kepala. Beberapa kritikus berpendapat bahwa penelitian yang mendukung manfaat bekam kepala memiliki desain yang lemah atau bias. Namun, para pendukung bekam kepala berpendapat bahwa bukti ilmiah yang ada cukup kuat untuk mendukung penggunaan bekam kepala sebagai terapi komplementer untuk berbagai kondisi kesehatan.

Sebagai pembaca yang kritis, penting untuk mempertimbangkan secara objektif bukti-bukti ilmiah yang tersedia dan mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko bekam kepala sebelum memutuskan untuk mencobanya. Jika Anda tertarik untuk mencoba bekam kepala, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau terapis bekam yang berpengalaman.

Transisi: Setelah memahami bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat bekam kepala, sekarang saatnya kita mengeksplorasi bagaimana memaksimalkan manfaat bekam kepala dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan strategi-strategi tertentu, kita dapat mengoptimalkan dampak positif bekam kepala pada kesehatan dan kesejahteraan kita.

Maksimalkan Manfaat Bekam Kepala

Untuk memaksimalkan manfaat bekam kepala, berikut adalah beberapa tips dan saran praktis yang dapat Anda terapkan:

  • Pilih terapis bekam yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik.
  • Lakukan bekam kepala secara berkala, misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali.
  • Berikan informasi akurat tentang kondisi kesehatan Anda kepada terapis bekam.
  • Perhatikan tanda-tanda tubuh Anda selama bekam kepala. Jika Anda merasa pusing, mual, atau nyeri yang berlebihan, segera hentikan sesi bekam kepala dan konsultasikan dengan terapis.
  • Gunakan minyak esensial atau herbal yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda untuk meningkatkan efektivitas bekam kepala.
  • Istirahat yang cukup setelah bekam kepala untuk membantu tubuh Anda pulih dan menyerap manfaat bekam kepala secara optimal.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.
  • Kelola stres dengan baik untuk mencegah munculnya kembali masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan bekam kepala.
Baca Juga :  Manfaat Buah Dewandaru yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Untuk mengintegrasikan bekam kepala ke dalam kehidupan sehari-hari secara efektif, Anda dapat menerapkan strategi-strategi berikut:

  • Pilih waktu yang tepat untuk bekam kepala, misalnya di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau di malam hari sebelum tidur.
  • Jadwalkan sesi bekam kepala secara teratur dan konsisten, sehingga menjadi bagian dari rutinitas kesehatan Anda.
  • Jangan ragu untuk menyesuaikan frekuensi dan durasi bekam kepala sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.
  • Gunakan buku harian kesehatan untuk mencatat kemajuan Anda dan memantau efektivitas bekam kepala dalam mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami.

Untuk menjaga keterlibatan jangka panjang dengan bekam kepala, berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat Anda lakukan:

  • Tetapkan tujuan yang realistis dan jangan berharap hasil yang instan. Bekam kepala adalah terapi komplementer yang membutuhkan waktu dan konsistensi untuk menunjukkan hasil yang optimal.
  • Carilah dukungan dari teman, keluarga, atau komunitas yang mendukung praktik bekam kepala. Ini akan membantu Anda tetap termotivasi dan konsisten dalam menjalani terapi bekam kepala.
  • Jangan takut untuk bereksperimen dan mencoba berbagai teknik bekam kepala yang berbeda untuk menemukan metode yang paling cocok untuk Anda.
  • Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan terapis bekam atau dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami efek samping yang tidak diinginkan.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi kesehatan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mempersonalisasi pendekatan Anda terhadap bekam kepala dan menyesuaikan strategi-strategi yang telah disebutkan sesuai dengan situasi dan kondisi Anda sendiri. Tetaplah terbuka untuk mencoba hal-hal baru dan jangan takut untuk menyesuaikan strategi Anda seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan manfaat bekam kepala dan merasakan dampak positifnya pada kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Transisi: Sekarang setelah Anda mengetahui cara memaksimalkan manfaat bekam kepala, mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya di mana kita akan membahas tutorial praktis tentang cara melakukan bekam kepala sendiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan secara rinci, Anda dapat merasakan manfaat bekam kepala tanpa harus pergi ke klinik atau terapis bekam.

Tutorial Praktis Bekam Kepala di Rumah

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara melakukan bekam kepala sendiri di rumah. Bekam kepala adalah terapi kuno yang memiliki banyak manfaat, seperti meredakan sakit kepala, meningkatkan kualitas tidur, dan merangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat merasakan manfaat bekam kepala tanpa harus pergi ke klinik atau terapis bekam.

Langkah 1: Persiapan

Kumpulkan peralatan yang diperlukan, termasuk cangkir bekam, pompa bekam, minyak esensial, dan handuk bersih.Pastikan ruangan tempat Anda melakukan bekam kepala memiliki ventilasi yang baik.Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat.

Langkah 2: Pemanasan

Oleskan sedikit minyak esensial pada kulit kepala Anda.Gunakan handuk hangat untuk mengompres kepala Anda selama 5-10 menit.Ini akan membantu membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit kepala Anda untuk bekam.

Langkah 3: Pemasangan Cangkir Bekam

Pilih cangkir bekam dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala Anda.Tempatkan cangkir bekam pada kulit kepala Anda, dimulai dari bagian belakang kepala dan bergerak ke arah depan.Gunakan pompa bekam untuk menyedot udara dari dalam cangkir.Sesuaikan tekanan sedotan agar terasa nyaman.

Langkah 4: Waktu Bekam

Biarkan cangkir bekam terpasang di kepala Anda selama 10-15 menit.Anda mungkin akan merasakan sensasi hangat atau kesemutan selama proses bekam.Jangan biarkan cangkir bekam terpasang terlalu lama, karena dapat menyebabkan memar.

Langkah 5: Pelepasan Cangkir Bekam

Setelah waktu bekam selesai, lepaskan cangkir bekam dengan hati-hati.Gunakan minyak esensial untuk membersihkan kulit kepala Anda dari bekas minyak atau darah.Bilas kepala Anda dengan air hangat dan sampo.

Langkah 6: Istirahat dan Relaksasi

Setelah bekam kepala, sebaiknya Anda beristirahat dan bersantai selama beberapa menit.Minumlah air putih yang cukup untuk membantu tubuh Anda pulih.Hindari aktivitas berat setelah bekam kepala.Kesimpulan:

Dengan mengikuti tutorial ini, Anda telah berhasil melakukan bekam kepala sendiri di rumah. Selamat! Bekam kepala adalah terapi yang aman dan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lakukan bekam kepala secara berkala untuk merasakan manfaatnya secara optimal. Jangan ragu untuk berbagi pengalaman atau hasil bekam kepala Anda di kolom komentar. Bersama-sama, kita dapat belajar lebih banyak tentang bekam kepala dan manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat Surat Al Kahfi: Rahasia Ketenangan Hati dan Kebahagiaan Hidup

Transisi: Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bekam kepala dan cara melakukannya sendiri di rumah, mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya di mana kita akan membahas beberapa pertanyaan umum seputar bekam kepala. Di sini, kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan tentang bekam kepala untuk memberikan Anda informasi yang lebih lengkap dan membantu Anda mengatasi masalah atau pertanyaan yang mungkin muncul.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar manfaat bekam di kepala:

Apa saja manfaat bekam di kepala?

Bekam di kepala memiliki banyak manfaat, termasuk meredakan sakit kepala dan migrain, meningkatkan kualitas tidur, merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi nyeri leher dan bahu, vertigo, sinusitis, dan gangguan penglihatan. Bekam di kepala juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana cara kerja bekam di kepala?

Bekam di kepala bekerja dengan menyedot kulit dan jaringan di kepala menggunakan cangkir khusus. Hal ini menciptakan tekanan negatif yang membantu meningkatkan aliran darah ke area yang dibekam. Peningkatan aliran darah ini dapat membantu meredakan nyeri, meningkatkan penyembuhan, dan mengurangi peradangan.

Apakah bekam di kepala aman?

Bekam di kepala umumnya aman jika dilakukan oleh terapis yang berpengalaman. Namun, terdapat beberapa efek samping yang mungkin terjadi, seperti memar, nyeri, atau pusing. Efek samping ini biasanya ringan dan akan hilang dalam beberapa hari.

Seberapa sering saya harus melakukan bekam di kepala?

Frekuensi bekam di kepala tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan tujuan pengobatan. Jika Anda mengalami sakit kepala atau migrain, Anda mungkin perlu melakukan bekam di kepala seminggu sekali atau dua minggu sekali. Untuk meningkatkan kualitas tidur, Anda dapat melakukan bekam di kepala sebelum tidur. Untuk merangsang pertumbuhan rambut, Anda dapat melakukan bekam di kepala pada area kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut.

Apa saja tantangan dalam melakukan bekam di kepala?

Beberapa tantangan dalam melakukan bekam di kepala meliputi waktu, biaya, dan rasa takut. Bekam di kepala biasanya memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Biaya bekam di kepala juga bervariasi tergantung pada lokasi dan pengalaman terapis. Beberapa orang mungkin juga merasa takut atau tidak nyaman dengan prosedur bekam di kepala.

Bagaimana cara mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Untuk mengatasi tantangan waktu, Anda dapat menjadwalkan sesi bekam di kepala pada waktu yang sesuai dengan jadwal Anda dan berkomitmen untuk menjalaninya secara konsisten. Untuk mengatasi tantangan biaya, Anda dapat mencari terapis bekam yang menawarkan harga yang terjangkau atau mencari klinik bekam di kepala yang menawarkan paket diskon. Untuk mengatasi rasa takut atau ketidaknyamanan, Anda dapat berbicara dengan terapis bekam tentang prosedur dan manfaat bekam di kepala secara rinci. Anda juga dapat meminta teman atau keluarga untuk menemani Anda selama sesi bekam di kepala.

Jika saya memiliki pertanyaan lebih lanjut, siapa yang dapat saya hubungi?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang manfaat bekam di kepala, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau terapis bekam yang berpengalaman. Anda juga dapat mencari informasi tambahan di internet atau di buku-buku kesehatan.

Dengan memahami manfaat, cara kerja, keamanan, frekuensi, tantangan, dan cara mengatasi tantangan bekam di kepala, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah bekam di kepala merupakan pilihan pengobatan yang tepat untuk Anda. Bekam di kepala adalah terapi kuno yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan melakukan bekam di kepala secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Manfaat bekam di kepala sangat beragam, mulai dari meredakan sakit kepala dan migrain, meningkatkan kualitas tidur, merangsang pertumbuhan rambut, hingga mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Dengan mengintegrasikan bekam di kepala ke dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat merasakan manfaatnya secara optimal dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Jangan ragu untuk memulai menerapkan tips dan strategi yang telah dibahas dalam artikel ini. Rasakan sendiri perubahan positif yang akan terjadi pada kesehatan Anda. Bekam di kepala dapat menjadi solusi alami untuk berbagai masalah kesehatan yang Anda alami.

Jadi, mulailah perjalanan Anda menuju kesehatan yang lebih baik dengan mencoba bekam di kepala. Rasakan manfaat luar biasa yang ditawarkan terapi kuno ini dan nikmati hidup yang lebih sehat dan lebih berkualitas.

Ambillah langkah pertama hari ini dan rasakan manfaat bekam di kepala untuk kehidupan yang lebih baik!


Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.