Manfaat Teknologi Pangan: 10 Rahasia yang Perlu Anda Ketahui untuk Hidup Lebih Sehat

Nita Anggraini


Manfaat Teknologi Pangan: 10 Rahasia yang Perlu Anda Ketahui untuk Hidup Lebih Sehat

Teknologi pangan adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memproses, mengawetkan, serta mengemas makanan untuk konsumsi manusia. Teknologi pangan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat meningkatkan keamanan pangan.

Dengan adanya teknologi pangan, makanan dapat diolah dan diawetkan dengan baik sehingga terhindar dari kontaminasi bakteri atau mikroorganisme berbahaya lainnya. Teknologi pangan juga dapat membantu mempertahankan nutrisi penting dalam makanan, sehingga makanan tetap bergizi dan aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, teknologi pangan memiliki banyak manfaat lain, seperti meningkatkan kualitas makanan, memperpanjang umur simpan makanan, memudahkan transportasi dan penyimpanan makanan, serta meningkatkan ketersediaan pangan.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang manfaat teknologi pangan dan bagaimana teknologi pangan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari kita.

Manfaat Utama Teknologi Pangan

Teknologi pangan memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan keamanan pangan: Teknologi pangan dapat membantu mencegah kontaminasi makanan oleh bakteri atau mikroorganisme berbahaya lainnya, sehingga makanan tetap aman untuk dikonsumsi.
  • Mempertahankan nutrisi makanan: Teknologi pangan dapat membantu mempertahankan nutrisi penting dalam makanan, sehingga makanan tetap bergizi dan aman untuk dikonsumsi.
  • Meningkatkan kualitas makanan: Teknologi pangan dapat digunakan untuk memperbaiki tekstur, rasa, dan penampilan makanan, sehingga makanan menjadi lebih menarik dan lezat.
  • Memperpanjang umur simpan makanan: Teknologi pangan dapat membantu memperpanjang umur simpan makanan, sehingga makanan dapat disimpan lebih lama tanpa mengalami kerusakan.
  • Memudahkan transportasi dan penyimpanan makanan: Teknologi pangan dapat membantu memudahkan transportasi dan penyimpanan makanan, sehingga makanan dapat didistribusikan secara lebih luas dan disimpan dengan lebih baik.
  • Meningkatkan ketersediaan pangan: Teknologi pangan dapat membantu meningkatkan ketersediaan pangan dengan memungkinkan produksi makanan dalam jumlah yang lebih besar dan dengan kualitas yang lebih baik.

Dengan demikian, teknologi pangan dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari kita. Kita dapat mengonsumsi makanan yang lebih aman, lebih bergizi, lebih lezat, dan lebih tahan lama. Selain itu, teknologi pangan juga dapat membantu kita menghemat uang dan waktu, serta mengurangi limbah makanan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat teknologi pangan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pilih makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang aman dan terpercaya.
  • Simpan makanan dengan benar sesuai dengan petunjuk pada kemasan.
  • Konsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa.
  • Gunakan teknologi pangan untuk mengawetkan makanan di rumah, seperti dengan membekukan, mengawetkan, atau membuat selai.
  • Pelajari lebih lanjut tentang teknologi pangan dan bagaimana teknologi pangan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat memaksimalkan manfaat teknologi pangan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Masih banyak pertanyaan dan kesalahpahaman tentang teknologi pangan. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan meliputi:

  • Apakah teknologi pangan aman?
  • Apakah teknologi pangan dapat merusak nutrisi makanan?
  • Apakah teknologi pangan dapat menyebabkan alergi atau intoleransi makanan?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah tidak. Teknologi pangan aman, tidak merusak nutrisi makanan, dan tidak menyebabkan alergi atau intoleransi makanan. Teknologi pangan justru dapat membantu kita memproduksi makanan yang lebih aman, lebih bergizi, dan lebih lezat. Teknologi pangan juga dapat membantu kita mengatasi masalah kekurangan pangan dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Oleh karena itu, kita perlu terus mendukung pengembangan teknologi pangan dan memanfaatkan teknologi pangan untuk meningkatkan kualitas hidup kita. (Transition to Integrating apa manfaat dari teknologi pangan into Daily Life section)

Mengintegrasikan apa manfaat dari teknologi pangan ke dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak cara untuk mengintegrasikan manfaat teknologi pangan ke dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa langkah praktis dan contoh nyata:

  • Pilih makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang aman dan terpercaya.Baca label kemasan makanan dengan seksama dan pilih makanan yang diolah oleh perusahaan yang memiliki reputasi baik.
  • Simpan makanan dengan benar sesuai dengan petunjuk pada kemasan.Ini akan membantu menjaga keamanan dan kualitas makanan.
  • Konsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa.Ini akan membantu Anda menghindari mengonsumsi makanan yang sudah rusak.
  • Gunakan teknologi pangan untuk mengawetkan makanan di rumah.Anda dapat membekukan, mengawetkan, atau membuat selai untuk mengawetkan makanan dan membuatnya bertahan lebih lama.
  • Pelajari lebih lanjut tentang teknologi pangan dan bagaimana teknologi pangan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.Ada banyak sumber informasi tersedia online dan di perpustakaan.
Baca Juga :  Manfaat Ikan Tuna: 7 Khasiat Luar Biasa yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Berikut adalah beberapa contoh nyata tentang bagaimana teknologi pangan telah memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari:

  • Teknologi pangan telah membantu meningkatkan keamanan pangan dan mengurangi risiko penyakit bawaan makanan.
  • Teknologi pangan telah membantu mempertahankan nutrisi penting dalam makanan, sehingga makanan tetap bergizi dan aman untuk dikonsumsi.
  • Teknologi pangan telah membantu meningkatkan kualitas makanan, sehingga makanan menjadi lebih menarik dan lezat.
  • Teknologi pangan telah membantu memperpanjang umur simpan makanan, sehingga makanan dapat disimpan lebih lama tanpa mengalami kerusakan.
  • Teknologi pangan telah membantu memudahkan transportasi dan penyimpanan makanan, sehingga makanan dapat didistribusikan secara lebih luas dan disimpan dengan lebih baik.

Tentu saja, ada beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam mengimplementasikan manfaat teknologi pangan ke dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk memasak atau Anda mungkin tidak memiliki akses ke makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang aman dan terpercaya. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi tantangan-tantangan ini.

  • Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memasak, Anda dapat membeli makanan yang sudah diolah atau Anda dapat menggunakan teknologi pangan untuk mengawetkan makanan di rumah.
  • Jika Anda tidak memiliki akses ke makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang aman dan terpercaya, Anda dapat mencari informasi tentang produsen makanan lokal yang terpercaya atau Anda dapat membeli makanan organik.

Jangan biarkan tantangan-tantangan ini menghalangi Anda untuk mengintegrasikan manfaat teknologi pangan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mulailah dengan langkah-langkah kecil dan secara bertahap tingkatkan upaya Anda. Anda akan segera merasakan manfaatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah terapkan manfaat teknologi pangan dalam kehidupan sehari-hari Anda sekarang juga!

(Transition to Scientific Evidence and Case Studies section)

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Ada banyak bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat teknologi pangan. Berikut adalah beberapa contoh:

  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Control menemukan bahwa teknologi pangan dapat membantu mengurangi risiko penyakit bawaan makanan. Studi ini menemukan bahwa makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang tepat memiliki tingkat kontaminasi bakteri yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang diolah secara tradisional.
  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa teknologi pangan dapat membantu mempertahankan nutrisi penting dalam makanan. Studi ini menemukan bahwa makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang tepat memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang diolah secara tradisional.
  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference menemukan bahwa teknologi pangan dapat membantu meningkatkan kualitas makanan. Studi ini menemukan bahwa makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang tepat memiliki rasa, tekstur, dan penampilan yang lebih baik dibandingkan dengan makanan yang diolah secara tradisional.

Studi-studi tersebut hanyalah beberapa contoh dari banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat teknologi pangan. Bukti-bukti tersebut menunjukkan bahwa teknologi pangan dapat membantu meningkatkan keamanan pangan, mempertahankan nutrisi makanan, dan meningkatkan kualitas makanan.

Tentu saja, ada beberapa perdebatan dan sudut pandang yang berbeda dalam komunitas ilmiah mengenai teknologi pangan. Beberapa orang berpendapat bahwa teknologi pangan dapat menimbulkan risiko kesehatan, seperti alergi atau intoleransi makanan. Namun, bukti ilmiah menunjukkan bahwa teknologi pangan aman dan tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan.

Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa manfaat teknologi pangan lebih besar daripada risikonya. Teknologi pangan dapat membantu kita memproduksi makanan yang lebih aman, lebih bergizi, dan lebih lezat. Teknologi pangan juga dapat membantu kita mengatasi masalah kekurangan pangan dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Sebagai konsumen, kita perlu bijak dalam memilih makanan yang diolah dengan teknologi pangan. Kita perlu membaca label kemasan makanan dengan seksama dan memilih makanan yang diolah oleh perusahaan yang memiliki reputasi baik.

(Transition to Maximizing Benefits section)

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat teknologi pangan dan bukti ilmiah yang mendukungnya, saatnya untuk memaksimalkan manfaat teknologi pangan dalam kehidupan Anda. Pada bagian berikutnya, kita akan membahas beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan teknologi pangan secara optimal.

Memaksimalkan Manfaat

Berikut adalah beberapa tips dan saran praktis untuk memaksimalkan manfaat teknologi pangan dalam kehidupan Anda:

  • Pilih makanan yang diolah dengan teknologi pangan yang aman dan terpercaya.Baca label kemasan makanan dengan seksama dan pilih makanan yang diolah oleh perusahaan yang memiliki reputasi baik.
  • Simpan makanan dengan benar sesuai dengan petunjuk pada kemasan.Ini akan membantu menjaga keamanan dan kualitas makanan.
  • Konsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa.Ini akan membantu Anda menghindari mengonsumsi makanan yang sudah rusak.
  • Gunakan teknologi pangan untuk mengawetkan makanan di rumah.Anda dapat membekukan, mengawetkan, atau membuat selai untuk mengawetkan makanan dan membuatnya bertahan lebih lama.
  • Pelajari lebih lanjut tentang teknologi pangan dan bagaimana teknologi pangan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.Ada banyak sumber informasi tersedia online dan di perpustakaan.
Baca Juga :  Manfaat Sabun Kojic: 7 Manfaat Luar Biasa untuk Kulit Sehat Berseri

Anda juga dapat menerapkan strategi berikut untuk secara efektif memasukkan teknologi pangan ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari:

  • Rencanakan menu makanan Anda terlebih dahulu.Ini akan membantu Anda memilih makanan yang sehat dan bergizi, serta menghindari pembelian makanan impulsif.
  • Belanja bahan makanan secara teratur.Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda selalu memiliki persediaan makanan yang sehat dan bergizi di rumah.
  • Siapkan makanan Anda sendiri di rumah.Ini akan membantu Anda mengontrol kualitas dan keamanan makanan yang Anda konsumsi.
  • Gunakan teknologi pangan untuk menghemat waktu dan tenaga.Anda dapat menggunakan alat-alat dapur seperti blender, food processor, dan slow cooker untuk mempermudah dan mempercepat proses memasak.
  • Jangan takut untuk bereksperimen dengan makanan baru.Ada banyak resep makanan lezat dan sehat yang tersedia online dan di buku-buku masak.

Untuk mempertahankan keterlibatan jangka panjang dengan teknologi pangan, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Tetapkan tujuan yang realistis.Jangan mencoba untuk mengubah seluruh pola makan Anda dalam semalam. Mulailah dengan perubahan kecil dan bertahap tingkatkan upaya Anda.
  • Temukan teman atau anggota keluarga yang mendukung Anda.Ini akan membantu Anda tetap termotivasi dan pada jalur yang benar.
  • Gunakan teknologi pangan untuk membuat makanan yang Anda sukai.Ini akan membuat Anda lebih cenderung untuk terus mengonsumsi makanan sehat.
  • Jangan menyerah.Jika Anda mengalami kemunduran, jangan berkecil hati. Teruslah mencoba dan Anda akhirnya akan mencapai tujuan Anda.

Jangan lupa untuk mempersonalisasi pendekatan Anda terhadap teknologi pangan dan terbuka untuk menyesuaikan strategi Anda seiring berjalannya waktu. Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain. Eksperimenlah dengan berbagai strategi dan temukan apa yang terbaik untuk Anda. Dengan mengikuti tips dan saran di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat teknologi pangan dalam kehidupan Anda dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

(Transition to Tutorial/Practice Exercise section)

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memaksimalkan manfaat teknologi pangan, saatnya untuk mempraktikkannya dalam kehidupan nyata. Pada bagian berikutnya, kami akan memberikan Anda tutorial langkah demi langkah tentang cara menggunakan teknologi pangan untuk membuat makanan sehat dan lezat di rumah.

Tutorial atau Latihan Praktik

Setelah Anda mempelajari tentang manfaat dan aplikasi praktis “apa manfaat dari teknologi pangan”, bagian ini akan memandu Anda melalui tutorial langkah demi langkah tentang cara menggunakan “apa manfaat dari teknologi pangan” dalam skenario dunia nyata. Pada tutorial ini, kita akan membuat yoghurt di rumah menggunakan bantuan teknologi pangan, yaitu dengan menggunakan starter culture dan yogurt maker.

Langkah 1

Alat yang dibutuhkan:

  • Panci
  • Sendok pengaduk
  • Gelas ukur
  • Termometer
  • Botol kaca atau wadah kedap udara
  • Yogurt maker

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 liter susu segar
  • 1 sachet starter culture (biasanya berupa bubuk atau cairan)
  • Gula secukupnya (opsional)
  • Buah atau selai untuk topping (opsional)

Langkah 2

Tuang susu ke dalam panci dan panaskan hingga mencapai suhu 85 derajat Celcius.

Aduk susu secara terus-menerus agar tidak gosong.

Setelah mencapai suhu 85 derajat Celcius, angkat panci dari kompor dan biarkan susu dingin hingga mencapai suhu 45 derajat Celcius.

Langkah 3

Tambahkan starter culture ke dalam susu yang telah dingin.

Aduk hingga starter culture tercampur rata.

Langkah 4

Tuang susu yang telah dicampur dengan starter culture ke dalam botol kaca atau wadah kedap udara.

Masukkan botol kaca atau wadah kedap udara tersebut ke dalam yogurt maker.

Atur suhu yogurt maker pada suhu 40-45 derajat Celcius.

Inkubasi susu selama 8-12 jam.

Langkah 5

Setelah 8-12 jam, yoghurt akan terbentuk.

Keluarkan botol kaca atau wadah kedap udara dari yogurt maker.

Dinginkan yoghurt di lemari es selama minimal 4 jam.

Langkah 6

Setelah 4 jam, yoghurt siap disajikan.

Yoghurt dapat dinikmati langsung atau diberi topping seperti gula, buah, atau selai.

Tips untuk Berhasil Membuat Yoghurt

  • Gunakan susu segar yang berkualitas baik.
  • Pastikan untuk memanaskan susu hingga suhu 85 derajat Celcius dan mendinginkannya hingga suhu 45 derajat Celcius sebelum menambahkan starter culture.
  • Aduk susu secara terus-menerus saat memanaskan dan mendinginkan agar tidak gosong.
  • Gunakan starter culture yang berkualitas baik dan masih dalam masa kedaluwarsa.
  • Pastikan untuk mengukur suhu susu dengan akurat menggunakan termometer.
  • Inkubasi susu pada suhu yang tepat dan selama waktu yang tepat.
  • Dinginkan yoghurt di lemari es selama minimal 4 jam sebelum disajikan.
Baca Juga :  Manfaat Sholat Istikharah yang Luar Biasa: 7 Rahasia untuk Ketenangan Hati Anda

Berbagi Pengalaman

Setelah Anda mencoba tutorial ini, jangan lupa untuk berbagi pengalaman Anda di kolom komentar. Bagikan hasil akhir yoghurt Anda, tips tambahan yang mungkin Anda miliki, atau pertanyaan yang masih Anda miliki. Dengan berbagi pengalaman, kita dapat saling belajar dan meningkatkan keterampilan kita dalam menggunakan teknologi pangan.

(Transition to Frequently Asked Questions section)

Sekarang setelah Anda mencoba tutorial ini, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan. Pada bagian berikutnya, kita akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang apa manfaat dari teknologi pangan dan bagaimana menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang apa manfaat dari teknologi pangan:

Apa manfaat dari teknologi pangan?

Teknologi pangan memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah dapat meningkatkan keamanan pangan, mempertahankan nutrisi makanan, meningkatkan kualitas makanan, memperpanjang umur simpan makanan, memudahkan transportasi dan penyimpanan makanan, serta meningkatkan ketersediaan pangan.

Bagaimana cara kerja teknologi pangan?

Teknologi pangan bekerja dengan berbagai cara, tergantung pada jenis teknologi yang digunakan. Beberapa contoh teknologi pangan adalah pasteurisasi, sterilisasi, pengalengan, pembekuan, dan pengemasan vakum.

Apakah teknologi pangan aman?

Teknologi pangan aman jika digunakan dengan benar. Namun, beberapa teknologi pangan dapat menimbulkan risiko kesehatan jika tidak digunakan dengan benar. Misalnya, jika makanan yang dikalengkan tidak disterilkan dengan benar, dapat menyebabkan botulisme.

Apakah teknologi pangan dapat merusak nutrisi makanan?

Teknologi pangan dapat merusak nutrisi makanan jika tidak digunakan dengan benar. Misalnya, jika makanan dipanaskan pada suhu yang terlalu tinggi atau terlalu lama, dapat menyebabkan hilangnya nutrisi.

Bagaimana cara menggunakan teknologi pangan dengan benar?

Untuk menggunakan teknologi pangan dengan benar, Anda harus mengikuti petunjuk pada kemasan makanan. Jika Anda tidak yakin bagaimana menggunakan teknologi pangan dengan benar, Anda dapat bertanya kepada ahli gizi atau petugas kesehatan.

Apa saja tantangan dalam menggunakan teknologi pangan?

Beberapa tantangan dalam menggunakan teknologi pangan adalah biaya yang tinggi, keterbatasan akses, dan kurangnya pengetahuan tentang teknologi pangan. Namun, tantangan-tantangan ini dapat diatasi dengan dukungan pemerintah, industri, dan masyarakat.

Apa saja kesalahpahaman tentang teknologi pangan?

Beberapa kesalahpahaman tentang teknologi pangan adalah bahwa teknologi pangan tidak aman, teknologi pangan dapat merusak nutrisi makanan, dan teknologi pangan dapat menyebabkan alergi atau intoleransi makanan. Namun, kesalahpahaman-kesalahpahaman ini tidak benar dan telah dibantah oleh penelitian ilmiah.

Jika pertanyaan saya belum terjawab, di mana saya dapat mencari informasi lebih lanjut?

Jika pertanyaan Anda belum terjawab, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut di internet, di perpustakaan, atau dengan bertanya kepada ahli gizi atau petugas kesehatan. Kami juga menyediakan layanan dukungan pelanggan yang siap menjawab pertanyaan Anda. Silakan hubungi kami melalui telepon, email, atau media sosial.

(Transition to Conclusion section)

Demikianlah pembahasan tentang apa manfaat dari teknologi pangan. Kami berharap artikel ini telah memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang teknologi pangan dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat membuat pilihan yang lebih bijak dalam mengonsumsi makanan dan menggunakan teknologi pangan dengan benar. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang apa manfaat dari teknologi pangan dan bagaimana teknologi pangan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan kita sehari-hari. Kita telah belajar bahwa teknologi pangan dapat meningkatkan keamanan pangan, mempertahankan nutrisi makanan, meningkatkan kualitas makanan, memperpanjang umur simpan makanan, memudahkan transportasi dan penyimpanan makanan, serta meningkatkan ketersediaan pangan.

Dengan mengintegrasikan manfaat apa manfaat dari teknologi pangan ke dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Kita dapat mengonsumsi makanan yang lebih aman, lebih bergizi, lebih lezat, dan lebih tahan lama. Selain itu, kita juga dapat menghemat uang dan waktu, serta mengurangi limbah makanan.

Mulailah terapkan tips dan strategi yang telah kita bahas dalam artikel ini. Anda akan segera merasakan manfaatnya. Apa manfaat dari teknologi pangan dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih produktif.

Jangan ragu untuk bereksplorasi dan mencoba berbagai resep dan teknik memasak baru. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menciptakan hidangan lezat dan bergizi yang akan dinikmati oleh seluruh keluarga.

Mari kita bersama-sama memanfaatkan kemajuan teknologi pangan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Mulailah perubahan dari dapur Anda sendiri dan jadilah bagian dari gerakan global menuju dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Nita Anggraini

Saya adalah seorang penulis berpengalaman selama lebih dari 7 tahun. Banyak artikel yang sudah saya tulis di terbitkan di media nasional dan internasional.